166 Mahasiswa Baru Fakultas Farmasi Unhas Ikuti P2KBN

Sebanyak 166 mahasiswa baru Program Studi Farmasi mengikuti prosesi Penerimaan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (P2KBN). Prosesi yang dahulu bernama Penerimaan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (P2MB) ini berlangsung selama 5 hari dan dimulai pada Senin, 14 Agustus 2017, dengan pelaksanaan P2KBN di tingkat Universitas Hasanuddin.

Setelah mengikuti P2KBN di tingkat universitas, prosesi ini dilanjutkan pada tingkat fakultas. Untuk tingkat ini, prosesi diselenggarakan selama 2 hari, Selasa dan Rabu, 15 – 16 Agustus 2017. Pada tingkat Fakultas Farmasi Unhas, P2KBN dibuka langsung oleh Dekan FF UH, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. Pada hari pertama P2KBN tingkat FF UH, 166 mahasiswa baru diberikan materi dan orientasi tentang seluk-beluk perkuliahan. Untuk itu, materi dibagi menjadi 4 bagian utama yaitu pengenalan FF UH secara umum yang dibawakan oleh Dekan FF UH, pengenalan aspek akademik dan pengembangan FF UH yang dibawakan oleh Subehan, Ph.D., Apt., dalam kapasitasnya sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan, pengenalan aspek finansial, sumber daya, sarana dan prasarana yang dibawakan oleh Dr. Risfah Yulianty, Apt. yang merupakan Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya serta pengenalan kegiatan kemahasiswaan dan alumni yang langsung dipresentasikan oleh Dr. Sartini, Apt. yang merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Pada hari ke-2 P2KBN tingkat FF UH, pemanduan teknis pengisian KRS untuk maba menjadi pembuka kegiatan. Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan laboratorium yang ada di FF UH. Keseluruhan laboratorium adalah sebagai berikut.

  • Laboratorium Biofarmasi (dipresentasikan oleh Prof. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt)
  • Laboratorium Farmakologi – Toksikologi (Prof. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt)
  • Laboratorium Farmasetika (Dr. Aliyah, MS., Apt)
  • Laboratorium Mikrobiologi Farmasi (Dr. Herlina Rante, M.Si., Apt)
  • Laboratorium Farmakognosi (Dra. Rosany Tayeb, M.Si., Apt)
  • Laboratorium Fitokimia (Dra. Rosany Tayeb, M.Si., Apt)
  • Laboratorium Farmasi Klinik (Yulia Yusrini Djabir, Ph.D., Apt)
  • Laboratorium Kimia Farmasi (Yusnita Rifai, Ph.D., Apt)

Usai pengenalan laboratorium ini, kegiatan P2KBN dilanjutkan dengan Dialog Pembangkit Motivasi yang dibawakan oleh 2 alumni FF UH yaitu Ambo Intang yang merupakan owner Apotek Plus Network dan Ratnawati Alwi yang menjabat sebagai pimpinan cabang BPJS Ketenagakerjaan Makassar. Di sesi ini, ke-2 alumni memberikan motivasi dan spirit kepada para maba untuk tekun dan kreatif dalam ber-mahasiswa.

Acara P2KBN dilanjutkan pada tanggal 18 Agustus 2017 dengan P2KBN tingkat Badan Eksekutif Mahasiswa. Di FF UH, kegiatan hari ke-3 ini diarahkan oleh BEM Keluarga Mahasiswa Farmasi (BEM Kemafar UH). Didapuk sebagai koordinator dalam kegiatan ini adalah Satria Astazaury. Pada tingkat ini, para maba dikenalkan tentang kiprah BEM Kemafar UH sekaligus mengenalkan pula organisasi-organisasi yang berada di bawah naungan BEM Kemafar UH misalnya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pharco, UKM Debat, UKM Critis, UKM Pers, UKM PRC dan lain-lain.

Di hari terakhir dalam rangkaian P2KBN, seluruh maba Unhas akan mengikuti UKM Day. Kegiatan ini menampilkan pameran dari seluruh UKM yang ada di Unhas. Tempat penyelenggaraan UKM Day dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Unhas.

Ke-166 maba FF UH terdiri atas 25 maba pria dan 141 maba wanita. Asal daerah para maba beragam di antaranya, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Papua, Maluku, Sulawesi Tengah, Jambi dan lain-lain.

Selamat memasuki dunia mahasiswa!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *