186 Mahasiswa PSPA Unhas Ikuti UKAI 2016

Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) Gelombang II Tahun 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 6 Agustus 2016. Untuk mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi Unhas, UKAI akan dilaksanakan di ruangan Computer-Based Test (CBT) Center, Fakultas Kedokteran Unhas.

UKAI kali ini akan diikuti sekitar 186 mahasiswa PSPA Unhas yang akan dibagi menjadi 2 gelombang ujian. Gelombang pertama akan dimulai pukul 08.00 sampai 11.00 Wita. Setelah itu, gelombang kedua dimulai pukul 14.00 sampai 17.00 Wita. Untuk memastikan kelancaran UKAI, Fakultas Farmasi mengutus 8 orang pengawas lokal untuk mendampingi 1 orang pengawas pusat. Dalam pelaksanaan ujian, para peserta diharuskan menjawab soal berbentuk pilihan ganda yang disajikan secara online. Jumlah soal sebanyak 200 nomor dan harus diselesaikan dalam waktu sekitar 3 jam.

UKAI adalah ujian yang dilaksanakan secara nasional untuk seluruh mahasiswa PSPA yang akan mengakhiri masa kuliahnya di tingkat profesi apoteker. Jika peserta UKAI lulus dalam ujian ini, maka mereka dinyatakan berkompeten sebagai seorang apoteker. Untuk itu, peserta UKAI yang lulus akan diberikan Sertifikat Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI).

Selanjutnya, sertifikat kompetensi tersebut akan digunakan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA). Surat ini nanti akan digunakan untuk mengurus Surat Izin Praktik (SIP). Oleh karena itu, UKAI akan menjadi langkah awal untuk mendapat izin melakukan praktik kefarmasian secara resmi (chm).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 18 =