351 Peserta Ikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Profesi Apoteker

Sebanyak 351 kandidat mengikuti seleksi masuk mahasiswa baru program studi profesi apoteker untuk penerimaan semester awal tahun akademik 2019/2020. Seleksi yang dilakukan pada hari ini (24/6) merupakan seleksi tahap kedua. Adapun seleksi tahap pertama terkait dengan seleksi pemberkasan. Pada seleksi tahap kedua ini, para kandidat harus menyelesaikan ujian tulis yang terbagi atas 2 sesi. Pada sesi pertama, para kandidat diharuskan menjawab soal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan pada sesi kedua, Tes Kemampuan Farmasi Dasar (TKFD) menjadi ujian tulis selanjutnya. TKPA dimulai pada pukul 08.30 Wita dan diakhiri 90 menit kemudian. Adapun TKFD dikerjakan selama 120 menit yang dimulai pukul 10.30 Wita.

Jumlah ruangan yang disediakan untuk memfasilitasi ujian tulis ini sebanyak 13 ruangan. Setiap ruangan menampung sebanyak 20 – 30 kandidat.

Seleksi wawancara dan TOEFL menjadi tahapan selanjutnya dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru ini. Seleksi wawancara dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2019. Adapun seleksi TOEFL akan dilangsungkan pada 2 – 3 Juli 2019.

Menurut data, seluruh kandidat tersebut berasal dari 18 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Tercatat bahwa sebanyak 109 kandidat merupakan alumni Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar. Adapun kandidat yang berasal dari Universitas Hasanuddin sebanyak 80 orang.

Beberapa perguruan tinggi lain yang terletak di Makassar memiliki alumni yang juga ikut dalam seleksi ini. Kandidat yang merupakan alumni Universitas Muslim Indonesia sebanyak 28 orang, Universitas Islam Negeri Alauddin juga sebanyak 28 orang, Universitas Indonesia Timur sebanyak 30 orang, dan Universitas Islam Makassar sebanyak 6 orang.

Beberapa kandidat juga berasal dari institusi di luar Sulawesi Selatan di antaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Haluoleo, Universitas Tadulako, Universitas Cenderawasih, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Mataram, Universitas Sam Ratulangi, dan Universitas Tanjungpura.

You May Also Like