Adakan Webinar TopScientists Seri ke-12, Farmasi UNHAS angkat Topik Kimia Bahan Alam

Sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin yang ke -14, Farmasi UNHAS menyelenggarakan Webinar TopScientist pada 13 November 2021. Pada kegiatan ini dua peneliti kelas dunia diundang sebagai pembicara. Di antaranya ada Bapak Prof. Taifo Mahmud dari Oregon University dan Ibu Sri Fatmawati, Ph.D, yang merupakan Ketua Akademi Ilmuan Muda Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor IV, Prof dr. Nasrum Massi, Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan UNHAS menuju World Class University dan melalui gerakan ini, UNHAS diharapkan mampu berkolaborasi dengan peneliti-peneliti berkelas dunia. Oleh karenanya, Farmasi UNHAS turut menyelenggarakan kegiatan ini dengan mengundang Prof. Taifo Mahmud dan Ibu Sri Fatmawati, Ph.D dengan mengangkat topik seputar potensi kimia bahan alam baik dari laut maupun dari hutan Indonesia.

Secara khusus, Prof Taifo Mahmud mengulas seputar bahan alam yang berasal dari bahan laut yang disebut dengan “Blue Biotechnology”, dengan beragam potensi yang sangat besar khususnya di bidang obat-obatan. Ada beberapa senyawa bahan alam laut yang dipaparkan termasuk untuk tujuan UV protectant. Sambutan dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Prof Dr.rer.nat Marianti A Manggau, Apt. juga mendukung penelitian semacam ini sebab Fakultas Farmasi UNHAS sebagai salah satu universitas yang banyak berkecimpung di bidang pengembangan bahan obat alam laut.

Materi berikutnya dilanjutkan oleh Ibu Sri Fatmawati, Ph.D yang mengulas banyak potensi senyawa bahan alam dari tanaman-tanaman obat yang banyak ditemukan di hutan-hutan tropis Indonesia. Pada paparannya, ada beberapa senyawa yang telah diisolasi dan diuji baik secara invitro maupun in silico pada berbagai protein biomolekul.

 

You May Also Like