Akreditasi ASIIN, Program Studi Sarjana Farmasi Bersiap Go International

Lima asesor dari lembaga akreditasi internasional ASIIN melakukan kunjungan ke  Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Farmasi Unhas dalam rangka visitasi ASIIN. Keempat asesor tersebut adalah Prof. Dr. Gert Ficker, Prof. Dr. Steve Strupeit, Prof. Dr. Phillipp Eschenbeck, Dr. Frank Peter Ritter, dan Intan Dinny Nuralia. Kunjungan visitasi ini berlangsung selama dua hari sejak Rabu, 20 Februari 2019, dan dijadwalkan usai pada hari ini, Kamis, 21 Februari 2019.

Pada hari pertama, ke-4 asesor diterima langsung oleh Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. di Gedung Rektorat Unhas. Sebagai informasi, akreditasi ASIIN akan dilakukan terhadap empat program studi di Unhas yang semuanya pada level sarjana yaitu Farmasi, Keperawatan, Budi Daya Perairan, dan Ilmu Teknologi Pangan. Farmasi dan keperawatan berada pada klaster life science, sedangkan Budi Daya Perairan dan Ilmu Teknologi Pangan digabung dalam klaster agriculture. Untuk melakukan assessment terhadap ke-4 prodi tersebut, ASIIN menugaskan 9 orang asesor.

Setelah penerimaan resmi oleh Rektor Unhas, selanjutnya para asesor langsung menuju program studi yang akan dikunjungi. Untuk klaster life science, program studi sarjana Farmasi mendapat giliran dikunjungi pertama kali. Setelah prosesi penerimaan di Gedung Fakultas Farmasi, assessment dimulai dengan diskusi antara asesor dan dekan, para wakil dekan, gugus penjaminan mutu, ketua program studi, dan task force ASIIN. Diskusi berlangsung selama 1 jam sampai pukul 12.00 Wita. Diskusi selanjutnya antara asesor dan para mahasiswa sampai pukul 13.00 Wita yang dilanjutkan diskusi dengan para dosen sampai pukul 14.00 Wita. Diskusi yang dilakukan bertujuan untuk melakukan konfirmasi atas hal-hal yang telah dicantumkan dalam dokumen borang Self-Assessment Report yang telah dikirimkan ke sekretariat ASIIN beberapa waktu yang lalu. Diskusi ini juga bertujuan untuk menanyakan beberapa hal yang belum dijelaskan secara detail di dalam dokumen borang tersebut.

Kunjungan visitasi ASIIN ini akan ditutup hari ini, Kamis, 21 Februari 2019 pukul 12.00 Wita. Dalam sesi penutupan nanti, akan dilakukan pula sesi klarifikasi atas beberapa temuan yang diperoleh selama kunjungan yang telah dilakukan.

You May Also Like