Kegiatan Mahasiswa

Kurikulum yang dikembangkan dan diaplikasikan di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (FF UH) meletakkan proporsionalitas antara pengembangan soft skill dan hard skill. Terkait hal tersebut, Fakultas Farmasi Unhas memberikan peluang dan fasilitas bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan soft skill mereka.

Minat dan bakat mahasiswa untuk berorganisasi, advokasi isu-isu kefarmasian, berpikir kritis, serta bertindak inovatif dan kreatif dapat disalurkan melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Farmasi Universitas Hasanuddin (BEM KEMAFAR UH). Lembaga ini adalah lembaga utama pada level mahasiswa.

Adapun minat dan bakat mahasiswa FF UH di bidang olahraga dapat difasilitasi dengan adanya unit kegiatan mahasiswa (UKM) Pharmacy Sport Club. UKM ini menaungi berbagai jenis olahraga di antaranya sepak bola, futsal, bola voli, renang, dan bulu tangkis.

Pharmacy Rescue Committee (PRC) merupakan UKM lainnya yang memfasilitasi penyaluran minat dan bakat mahasiswa FF UH dalam mitigasi bencana atau pelayanan masyarakat. Anggota PRC telah banyak terlibat dalam penanganan bencana lokal, regional, maupun nasional, seperti gempa Lombok dan gempa Palu yang terjadi tahun 2018 lalu.

UKM lain yang juga dibentuk untuk memfasilitasi bakat mahasiswa FF UH adalah Pharmacy Art Community. UKM ini berfokus pada pengembangan minat dan bakat mahasiswa FF UH di bidang seni. Banyak perlombaan seni yang telah diikuti dengan torehan prestasi yang membanggakan.

Minat dan bakat di bidang jurnalistik difasilitasi dengan adanya UKM Lege Artis. Banyak program yang telah dilakukan untuk mengembangkan bakat jurnalistik mahasiswa di antaranya adalah penerbitan berkala Majalah Lege Artis, kunjungan ke lembaga pers lainnya, serta pelatihan-pelatihan penulisan sesuai kaidah jurnalistik.

Minat dan bakat mahasiswa di bidang penalaran ilmiah dapat disalurkan melalui UKM Critis (Consociation Auri Cogitantis). UKM ini diharapkan menjadi wadah mahasiswa FF UH untuk mengembangkan gagasan-gagasan brilian. Gagasan tersebut nantinya dapat dilanjutkan penelitian-penelitian ilmiah.

Pharmacy’s House of Debate and English Community merupakan komunitas mahasiswa FF UH yang memfokuskan kajiannya dalam pengembangan minat dan bakat mahasiswa dalam berdebat, khususnya debat dalam Bahasa Inggris. Komunitas ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa FF UH untuk mempertajam dan mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Salsabil merupakan komunitas mahasiswa FF UH yang lebih mengarah pada penanaman nilai-nilai spiritualitas. Komunitas ini telah melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk pemantapan akhlak dan relijiusitas.