Besok, PSPA Fakultas Farmasi Unhas Adakan UKAI

Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) dijadwalkan akan dilaksanakan secara serentak pada Sabtu, 29 Oktober 2016. Untuk ujian di lokal Unhas akan diselenggarakan di Ruang Computer-Based Training (CBT) Fakultas Kedokteran Unhas.

Sebanyak 20 orang fresh graduate Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Unhas akan mengikuti ujian ini. Untuk pengawasan, 2 orang akan diplot dimana 1 orang pengawas lokal yaitu Anshar Saud, M.Farm., Apt. dan 1 orang pengawas nasional yaitu Noffendri, S.Si., Apt. yang merupakan perwakilan dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI).

Sebagaimana yang diketahui bahwa UKAI adalah salah satu langkah yang mesti dilalui oleh para fresh graduate PSPA untuk memperoleh Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA). Jika dinyatakan lolos UKAI, maka peserta akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI). Dokumen ini menjadi syarat untuk mengurus Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA). SKAI dan STRA menjadi dua dokumen penting yang mesti dipenuhi dalam pengurusan SIPA.

Dokumen SIPA adalah dokumen yang harus dimiliki oleh apoteker agar dapat melakukan praktik kefarmasian. SIPA dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 17 =