Centre of Excellence Farmasi Unhas Siap Produksi Hand Sanitizer dan Produk Higiene Berkualitas

Center of Excellence (CoE) adalah salah satu pusat pengembangan produk-produk di internal Unhas. Dipersiapkan menjadi salah satu income generating di Universitas Hasanuddin.

Salah satu upaya Fakultas Farmasi, untuk turut serta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, adalah mengembangkan dan menyediakan produk-produk maupun sediaan farmasi seperti hand sanitizer dan produk higienis lainnya.

Adapun produk hand sanitizer yang dikembangkan di Fakultas Farmasi, tersedia dalam bentuk sediaan gel dan spray. Volumenya pun bermacam-macam, mulai ukuran 65 ml, 500 ml, hingga 5 L untuk kebutuhan isi ulang. Produk-produk higienis lainnya juga saat ini mulai diproduksi, seperti sabun cair dan desinfektan.

Meskipun produksi hand sanitizer dan produk higienis oleh Fakultas Farmasi, saat ini mampu memproduksi 500 hingga 1.000 produk dalam sebulan, permintaan pasar masih sangat tinggi.

Oleh karena itu, saat ini Center of Excellence Fakultas Farmasi masih menargetkan penjualan ke rumah sakit-rumah sakit yang ada di sekitar Unhas seperti RSP Unhas dan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo. Institusi-institusi inilah yang paling membutuhkan produk yang dihasilkan oleh Fakultas Farmasi.

Beberapa instansi pemerintahan lain juga telah memesan produk yang dihasilkan. Di antaranya Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Kepolisian Sektor Tamalanrea, Kantor Camat Tamalanrea dan lain sebagainya.

Pada beberapa waktu yang lalu, produk tersebut telah dipamerkan di acara peresmian Science Techno Park Unhas, yang dihadiri Rektor Unhas dan Kepala BRIN-RI, Bambang Bodjonegoro yang juga sempat menjajal produk ini.

Untuk menjamin keamanan dan kualitas produk ini, Center of Excellence berupaya memformulasi produk-produknya sesuai standar yang berlaku. Ketua Tim Produksi hand sanitizer di Center of Excellence Fakultas Farmasi Unhas, apt. Sandra Aulia Mardikasari, S.Si., M.Farm., optimis, produk ini bisa dikembangkan untuk memenuhi permintaan pasar yang cukup tinggi.

“Hand sanitizer yang kami produksi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan produk sanitasi yang saat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit,” kata apt. Sandra.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Fakultas Farmasi berencana akan mengembangkan produk tersebut untuk dapat dipasarkan, tidak hanya pada kalangan terbatas, tetapi juga lebih luas pada masyarakat umum.

Wakil Dekan bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya Fakultas Farmasi, Prof,. Dr. apt. Sartini, M.Si., mengungkapkan, rencananya untuk memperoleh izin edar dari produk-produk yang dihasilkan Center of Excellence Fakultas Farmasi.

Dia menambahkan, saat ini Center of Excellence Fakultas Farmasi Unhas belum memasarkan produknya ke masyarakat umum. Karena belum mendapat izin edar dari pemerintah. Namun upaya dan kebutuhan persyaratan izin telah dipersiapkan, kemudian diharapkan agar produk tersebut bisa didaftarkan agar segera dipasarkan kepada khalayak umum.

 

Berita ini telah tayang pada laman resmi herald.id pada 17 November 2021. Simak selengkapnya:

https://herald.id/2021/11/18/centre-of-excellence-farmasi-unhas-siap-produksi-hand-sanitizer-dan-produk-higiene-berkualitas/

You May Also Like