Civitas Fakultas Farmasi sambut 132 Mahasiswa Baru Angkatan 2020

Fakultas Farmasi menggelar acara penyambutan mahasiswa baru Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin pada Selasa-Rabu, 8-9 September 2020. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi UNHAS, Prof. Subehan, S.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., Apt yang juga sekaligus menyambut masuknya Mahasiswa Baru (Maba) fakultas farmasi UNHAS angkatan 2020 sebagai bagian dari fakultas farmasi. Beliau sekaligus berpesan kepada mahasiswa baru agar berupaya untuk beradaptasi dengan transisi dari siswa menjadi mahasiswa dan menjelaskan gambaran umum yang akan dihadapi ke depannya sebagai mahasiswa di Fakultas Farmasi UNHAS.

Ketua Panitia, Aminullah juga menyampaikan sambutannya kepada Maba Farmasi 2020 sekaligus memberikan gambaran kepada mahasiswa baru bahwa mahasiswa baru merupakan mahasiswa terpilih karena tidak mudah untuk masuk ke Fakultas Farmasi UNHAS.

“Laporan dari pihak rektorat UNHAS mengatakan bahwa indeks keketatan seleksi mahasiswa farmasi adalah 1% yang artinya hanya ada 1 orang dari 100 orang yang dapat terpilih menjadi mahasiswa farmasi. Oleh sebab itu, anda sebagai mahasiswa farmasi patut berbangga” tutur ketua panitia.

Penerimaan Maba Farmasi 2020 berlangsung secara daring untuk sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Setelah acara pembukaan, kegiatan ini diawali dengan pemaparan visi misi fakultas farmasi UNHAS yang disampaikan langsung oleh dekan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan tugas dan fungsi wakil-wakil dekan Fakultas Farmasi UNHAS serta Gugus Penjaminan  Mutu (GPM).

Untuk memotivasi dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa baru, Fakultas Farmasi mengundang pembicara yang berasal dari alumni fakultas farmasi UNHAS, yakni Ibu Dra. Ida Rafiqah, MPH.ECPC yang saat ini menetap di Kanada. Tidak lupa pada kesempatan ini pemateri sebagai alumni farmasi unhas berpesan kepada mahasiswa untuk terus berkarya dimanapun kita berada.

“Kesuksesan yang kita capai itu tidak akan sama meskipun tempat kita berasal adalah sama. Jadi persiapkan diri dan tentukan target-target kesuksesan anda” pesan Ibu Ida Rafiqah dalam materi yang disampaikan.

Tak hanya itu, dalam kegiatan ini juga dihadirkan alumni yang saat ini merupakan kepala Balai POM Makassar, Bpk. Dr. Muhammad Guntur, Dipl.Sc., M.Kes. Acara berlangsung seru dan menyenangkan sebab interaksi antar peserta dan para pemateri memperlihatkan antusiasme yang sangat tinggi dari banyaknya pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta pada setiap sesi diskusi.

Dalam kesempatan ini, Ketua Proram Studi Sarjana S1, Firzan Nainu, Ph.D., Apt. juga memaparkan beberapa hal penting terkait peraturan akademik UNHAS untuk prodi S1, seperti struktur kurikulum baru 2020, fungsi dan peran penasehat akademik dan strategi-strategi yang harus diperhatikan mahasiswa dalam menempuh pendidikannya hingga menyusun tugas akhir. Selain itu, Maba 2020 juga diperkenalkan dengan NEOSIA (Sistem Informasi Akademik) UNHAS dalam rangka pengurusan KRS untuk pertama kalinya. Kegiatan ini dipandu secara virtual oleh Kasubag Akademik, Ibu Setyorini.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pengenalan organisasi mahasiswa seperti BEM dan MAPERWA, serta Unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bergerak di berbagai bidang untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa farmasi di luar kegiatan akademiknya. Diantaranya UKM Pharmacy rescue Committee (PRC), UKM Pharmacy Art Community (Pharco), UKM Pharmacy Sport Club (PSC), UKM Jurnalistik Lege Artis, UKM Critis, UKM Pharmacy House of Debate (PHD).

Dan yang tak kalah penting adalah pengenalan laboratorium-laboratorium yang ada di Fakultas Farmasi UNHAS. Pengenalan laboratorium disampaikan oleh kepala-kepala lab seperti Laboratorium Farmaseutika dan Teknologi Farmasi, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Biofarmasi, Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Laboratorium Kimia Farmasi, Laboratorium Kimia Klinik, Laboratorium Farmakognosi, Laboratorium Fitokimia serta Laboratorium BIOFARMAKA.

Untuk menyemarakkan kegiatan penerimaan mahasiswa baru ini, juga dilakukan lomba-lomba foto dan caption yang diupload ke sosial media seperti instagram, twitter dan facebook. Salah satu mahasiswa baru, menuturkan kesannya pada kegiatan ini.

“Alhamdulillah, dalam kegiatan P2KMB yg sudah berjalan selama 2 hari ini memberikan saya banyak pelajaran dan motivasi untuk menjadi mahasiswa, dan semoga dalam kegiatan ini berjalan dengan lancar baik dari segi alat maupun materi” tuturnya.

 

You May Also Like