Dekan Farmasi UNHAS sampaikan Visi Misi pada Temu Civitas Akademika (TCA) Farmasi UNHAS

Dekan fakultas Farmasi UNHAS, Bapak Subehan, Ph.D memaparkan visi dan misi Fakultas Farmasi di hadapan civitas akademika Farmasi UNHAS yang diselenggarakan di Malino (11-01-2020). Fakultas Farmasi UNHAS sendiri memiliki visi yakni untuk menjadi pusat unggulan dalam pengembangan insani, ilmu pengetahuan dan teknologi dan budaya bidang kefarmasian berbasis Benua Maritim Indonesia.

“Visi ini sangat penting agar dipahami dan dijiwai oleh seluruh civitas akademika. Kesamaan pemahaman kita akan menjadi gerak bersama dalam memajukan fakultas,” tutur Subehan saat memberikan pemaparan.

Setelah pemaparan visi misi selesai, kegiatan diskusi yang dipandu oleh Anshar Saud SSi MFar Apt, disambut baik oleh beberapa alumni yang juga hadir pada kegiatan ini. Terlihat pada saat itu beberapa alumni yang telah berkarir di dunia kerja, termasuk alumni angkatan 1980 dan 1981.

Salah seorang peserta, salah satu apoteker bernama Avdal Azis (alumni angkatan 2006) menjelaskan bahwa keberadaan apoteker di Puskesmas saat ini sangat penting. Avdal yang sedang mengikuti program Nusantara Sehat dan ditempatkan di Puskesmas di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara ini mengungkapkan bahwa keberadaan profesi ini tidak bisa digantikan oleh latar belakang ilmu lain.

“Saya mengikuti Nusantara Sehat. Saya menyarankan kepada pihak Fakultas untuk memfasilitasi mahasiswa, khususnya mahasiswa profesi apoteker agar mengikuti magang di Puskesmas,” kata Avdal.

Merespon masukan tersebut, Dekan Farmasi menjelaskan bahwa pihaknya kini sedang menjajaki pelaksanaan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Puskesmas. Koordinasi intensif sedang dilaksanakan dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar.

“Sudah ada revisi kurikulum. Nantinya, kami akan kordinasi dengan APTFI. Praktik Kerja Profesi Apoteker selama ini hanya di Apotek, Rumah Sakit dan Industri. Nantinya akan diperluas, mahasiswa juga akan mengikuti PKPA di Puskesmas, PBF, Industri Obat Tradisional, Industri Makanan Minuman” ujarnya.

Lebih lanjut, Subehan PhD Apt sangat mengapresiasi saran, ide, kritikan dari alumni untuk bersama-sama membangun Fakultas Farmasi.

“Salah satu program kami ke depan adalah bersinergi dengan alumni. Kontribusi alumni sangat dibutuhkan oleh Fakultas. Saya sangat yakin, jika bersama dengan alumni Farmasi Unhas, maka akan banyak terobosan yang bisa dicapai untuk kemajuan Fakultas Farmasi Unhas” ujar Dekan termuda di Unhas ini.

 

(Artikel ini telah tayang di laman Fajar.co.id dengan tautan https://fajar.co.id/2020/01/21/pimpinan-fakultas-bem-mahasiswa-dan-alumni-farmasi-menyatu-di-tudang-sipulung/)

You May Also Like