Dosen Fakultas Farmasi UNHAS Ikuti Sosialisasi Blended Learning dan SIKOLA

Kamis, 7 Februari 2020. Baru-baru ini Universitas Hasanuddin memperkenalkan sistem pembelajaran baru yang disebut dengan Blended Learning. Di samping itu, UNHAS juga memperbaiki dan melakukan upgrade untuk sistem pembelajaran daring (online) yang dulunya dikenal dengan nama Learning Management System (LMS) menjadi aplikasi yang lebih canggih yakni SIKOLA (Sistem Kelola Pembelajaran). Acara sosialisasi Blended Learning dan SIKOLA dibawakan oleh Dr Yusring Sanusi B, SS., M.App. Ling.

Pada kesempatan ini, beliau memaparkan bahwa model pembelajaran blended learning dan keberadaan Sikola menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Hasanuddin. Menurutnya blended learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, serta merupakan kombinasi pengajaran bertemu langsung di kelas secara tatap muka (luring) dengan pengajaran on-line (daring). Menariknya, dengan aplikasi Sikola, maka mahasiswa sudah bisa mengunduh materi perkuliahan sebelumnya sehingga dalam kuliah nantinya lebih banyak mendiskusikan solusi dari permasalahan.

“Keberadaan Sikola sangat mendukung untuk proses pembelajaran secara daring (on-line) dengan peserta jarak jauh melalui video konfrensi. Proses pembelajaran bisa diikuti oleh banyak mahasiswa. Menariknya dalam Sikola, kita bisa membuat prasyarat untuk mahasiswa sebelum mengikuti ujian. Misalnya, mahasiswa tersebut hanya bisa mengikuti ujian jika telah membaca dulu referensi yang diberikan. Mahasiswa tidak akan bisa lanjut, jika tidak menyelesaikan dulu tugas yang diberikan” ujarnya.

Setelah penyampaian materi, Dr. Yusring Sanusi B, SS., M.App.Ling. selanjutnya memandu peserta pelatihan untuk menerapkan langsung dalam sistem Sikola.

Beberapa panduan yang telah dikerjakan bersama meliputi cara login ke sistem Sikola; cara menambah tim dosen matakuliah; cara memindahkan bahan ajar dari LMS ke Sikola; cara mendaftar pada matakuliah semester dan membuat kelas paralel; cara membuat tugas dan tes matakuliah; cara membuat alur pembelajaran. Dalam sesi terakhir, pemateri seolah-olah sebagai dosen dan peserta kegiatan sebagai mahasiswa yang selanjutnya melakukan video konfrensi.

“Panduan penggunaan Sikola dapat ditonton melalui video yang tersedia pada menu homepage. Jangan lupa agar disubscribe ya” ujar beliau yang disambut riuh sama peserta.

(red: Aminullah)

 

Artikel ini telah dimuat di laman web Portal Makassar. Berita selengkapnya dapat dibaca pada tautan berikut:

https://portalmakassar.com/fakultas-farmasi-unhas-pelatihan-sikola-sistem-pembelajaran-elektronik-yang-lebih-canggih/

 

You May Also Like