Dosen Fakultas Farmasi Unhas, Kembangkan Penelitian Berbasis Rekayasa Genetik Di Kanazawa-Jepang

Makassar 2020, Fakultas Farmasi UNHAS saat ini tengah menyelenggarakan program pertukaran pelajar (student exchange) dengan School of Pharmacy and School of Pharmaceutical Sciences, Kanazawa University, Japan. Melalui program tersebut, empat mahasiswa pascasarjana Fakultas Farmasi UNHAS, Ayun Dwi Astuti, Ayu Masyita, Nur Rahma Rumata, dan Budiman Yasir, telah berhasil memperoleh beasiswa untuk menuntut ilmu dan melakukan penelitian selama setahun di dua laboratorium berbeda di Kanazawa University. Beasiswa yang diperoleh berasal dari JASSO (Japan Student Services Organization) dipergunakan untuk membiayai biaya hidup mahasiswa selama di sana dan biaya tuition fee (SPP) digratiskan oleh Kanazawa University.

 

Dalam program tersebut, keempat mahasiswa ditemani oleh dua orang dosen pendamping yaitu Firzan Nainu, Ph.D., Apt dan Abdul Rahim, Ph.D., Apt. Pada saat yang sama, Firzan Nainu, Ph.D., Apt. melakukan studi postdoktoral di Laboratory of Host Defense and Responses di bawah bimbingan Assoc. Prof. Takayuki Kuraishi, menggunakan skema dana dari AMED-PRIME. Adapun topik penelitian yang dikerjakan terkait dengan elusidasi mekanisme sterile inflammation yang berkaitan dengan penyakit pada manusia menggunakan organisme model lalat buah Drosopila melanogaster. Sterile inflammation merupakan inflamasi yang terjadi tanpa adanya stimulus dari patogen, sehingga seringkali disebut juga sebagai aseptic infllammation. Jenis inflamasi ini umumnya terjadi akibat adanya ligan endogen sel yang dikenali oleh sistem imun alamiah dan seringkali berkaitan dengan timbulnya penyakit yang dikenal istilah autoinflammatory diseaseungkap Firzan.

 

Model uji D. melanogaster memiliki kurang lebih 65% gen yang homolog dengan gen-gen pada manusia sehingga penelitian menggunakan model uji tersebut dapat memberikan gambaran luas mengenai gen-gen potensial yang bertanggungjawab terhadap timbulnya suatu penyakit, termasuk sterile inflammation. Saat ini, penelitian yang tengah dilakukan bekerjasama dengan Assoc. Prof. Takayuki Kuraishi telah menghasilkan beberapa publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi dan diharapkan dapat memberikan kontribusi serta dampak yang signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Saat ini, pihak Kanazawa University sangat terbuka menerima calon mahasiswa dari Indonesia terutama dari UNHAS. “Bagi mahasiswa Fakultas Farmasi UNHAS yang tertarik untuk melanjutkan studi pascasarjana ke laboratorium Assoc. Prof. Takayuki Kuraishi, dapat menghubungi saya. Tentunya dengan profil akademik  berupa IPK dan kemampuan berbahasa Inggris yang memadai” tutup Firzan.

 

You May Also Like