Fakultas Farmasi Unhas & Patient Counseling Community Adakan CPD

Fakultas Farmasi Unhas dan Patient Counseling Community (PCC) berkolaborasi menyelenggarakan Continuing Professional Development (CPD). Sebagai kegiatan rutin, CPD kali ini mengambil tema “Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat Melalui Swamedikasi Gangguan Kulit”. Kegiatan dilangsungkan di Aula Fakultas Farmasi Unhas dan dihadiri sekitar 62 peserta dari berbagai kalangan baik mahasiswa, praktisi rumah sakit, dosen dan apoteker pengelola apotek.

Bertindak sebagai pemateri pertama adalah Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt. Guru besar Fakultas Farmasi Unhas ini membawakan materi “Self-Medication Penyakit Kulit”. Pemateri ke-2 adalah Dr. dr. Dianawaty Amiruddin, Sp. KK. yang membawakan materi dengan judul “Patofisiologi dan Penatalaksanaan Penyakit Kulit”. Di bagian akhir, Ainun Jariah, M.Kes., Apt, pemilik Ainun Beauty Clinic dan Toko Kue Balla Kanrejawa, memberikan materinya dengan judul “Sharing: Skill Komunikasi Konseling dalam Swamedikasi Penyakit Kulit di Fasilitas Pelayanan Kefarmasian.”

Acara ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. Dalam sambutan pembukaanya, Dekan FF UH periode 2015 – 2019 ini mengutarakan bahwa CPD akan diselenggarakan secara rutin walaupun peserta hanya sedikit. Hal ini untuk mengejewantahkan makna “continuing” yang ada dalam singkatan CPD. Beliau juga menambahkan bahwa topik CPD tentang swamedikasi penyakit kulit ini sangat penting karena banyak hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan swamedikasi pada pasien oleh para apoteker di fasilitas kefarmasian.

Adapun tentang PCC sebagai salah satu penyelenggara kegiatan ini dapat disampaikan bahwa komunitas ini beranggotakan mahasiswa Fakultas Farmasi Unhas yang memiliki minat untuk mengembangkan soft-skill komunikasi dan konseling kepada pasien. Para mahasiswa ini menggabungkan diri dan akhirnya membentuk komunitas bernama Patient Counseling Community (PCC).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − one =