Fakultas Farmasi Unhas Selenggarakan MIPS 3

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin sukses menyelenggarakan kegiatan bertajuk Third Makassar International Symposium on Pharmaceutical Sciences (3rd MIPS). Kegiatan ini dilangsungkan di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, dengan tema utama yang diangkat yaitu “Emerging Innovations in Drug Discovery, Development, and Delivery” dan dihadiri berbagai kalangan di antaranya mahasiswa, dosen, birokrat, peneliti, pihak industri, dan stakeholders lainnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Diseminasi hasil-hasil penelitian dalam kegiatan ini berlangsung lancar dan akademis.

Ketua panitia MIPS 3, Firzan Nainu, Ph.D., Apt., menyampaikan ucapan terima kasih atas peran berbagai pihak dalam menyukseskan kegiatan yang berlangsung pada tanggal 3-5 November 201 ini. “Kesuksesan simposium ini membutuhkan sokongan dari seluruh peserta kegiatan, institusi pendidikan, pusat-pusat penelitian, industri farmasi, dan stakeholder lain yang relevan,” ujarnya. Alumni Kanazawa University ini berharap agar MIPS 3 dapat memainkan peran penting dalam menggawangi kolaborasi apik antara ilmu farmasi dengan komunitas ilmiah di bidang-bidang lainnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt., menekankan bahwa MIPS 3 merupakan upaya nyata Fakultas Farmasi dalam meningkatkan dan memperkuat kualitas penelitian. “Fakultas Farmasi Unhas selalu menyediakan upaya untuk mengembangkan diseminasi hasil-hasil penelitian. Untuk itulah MIPS 3 diselenggarakan,” tukasnya.

Beliau juga menambahkan bahwa simposium ini sangatlah singkat bagi seluruh peserta untuk mengeksplorasi dan mendiskusikan lebih banyak tentang penelitian-penelitian di bidang ilmu kefarmasian. Namun, beliau menyatakan bahwa MIPS 3 seharusnya dapat menjadi titik awal untuk memicu usaha-usaha selanjutnya yang ditujukan untuk memperkuat diseminasi dan pengembangan peran ilmu kefarmasian bagi masyarakat.

Simposium internasional ini menghadirkan pembicara dan peserta dari dalam dan luar negeri, di antaranya Indonesia, Singapura, Jepang, Belanda, dan Malaysia. Salah satu pembicara yang hadir mendiseminasikan penelitiannya adalah Prof. Yoshinobu Nakanishi yang berasal dari Institute of Medical, Pharmaceutical and Health Sciences, Kanazawa University. Topik yang dibawakannya adalah “Maintenance of Health by Cell Death”. Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. juga menjadi pembicara pada simposium ini dengan topik “Mucolytic Activity of Zingiber cassumunar, Curcuma zedoaria, and Momordica charantia Extracts and Fractions”.

Rangkaian kegiatan MIPS 3 dimulai tanggal 3 November dan diakhiri tanggal 5 November 2017 yang ditandai dengan acara Gala Dinner di Rumah Jabatan Walikota Makassar.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 17 =