Fakultas Farmasi Unhas Usulkan 14 Judul Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat

Sebanyak 14 judul kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) diusulkan oleh Fakultas Farmasi Unhas. Pengusulan ini dilakukan secara resmi setelah ke-14 judul PPM tersebut diseminarkan di tingkat fakultas. Seminar tingkat fakultas ini diselenggarakan untuk memenuhi persyaratan diajukannya judul kegiatan PPM ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unhas (LPPM Unhas). Seminar itu sendiri dihelat pada tanggal 6 Maret 2017.

Adapun ke-14 judul kegiatan PPM tersebut dialokasikan untuk 2 kategori yaitu IPTEKS bagi Masyarakat (IbM) dan IPTEKS Terpadu Multidisiplin bagi Wilayah (ITM-W) dengan rincian 13 judul diusulkan untuk IbM dan 1 judul lain dialokasikan untuk ITM-W.

Ke-14 judul kegiatan PPM yang diusulkan oleh Fakultas Farmasi Unhas adalah sebagai berikut.

Skim IbM

  1. Pemberdayaan Kelompok PKK Kecamatan Kelara Kab Jeneponto Melalui Pelatihan dan Pambuatan Produk Inovatif Es Krim Berbahan Dasar Tanaman Ralle dan Sappan (Ketua. Dra. Ermina Pakki, M.Si., Apt)
  2. IbM Pelatihan Penetapan Parameter Mutu serta Pembuatan Taman Obat Tradisional dari Famili Zingiberacea bagi Siswa SMK Muhammadiyyah di Kabupaten Bulukumba (Ketua. Ismail, M.Si., Apt)
  3. IbM Edukasi Resiko Kesehatan Minuman Beralkohol pada Remaja Usia Sekolah di Sekitar Kawasan Wisata Tanjung Bira Kab Bulukumba (Ketua. Andi Affandi, M.Sc., Apt)
  4. Upaya mengoptimalkan swamedikasi dermatitis dan diare melalui pemanfaatan bee product di Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. (Ketua. Prof. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt)
  5. Pembuatan Sediaan Farmasi Sederhana untuk Meningkatkan Pemahaman DAGUSIBU Obat di SMKN 3 Benteng, Kabupaten Selayar (Ketua. Sukamto S. Mamada, M.Sc., Apt)
  6. Inisiasi Pusat Informasi Obat: “Mother to Baby Centre (MBC)” di Puskesmas Barebbo, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone (Ketua. Dr. Sartini, M.Si., Apt)
  7. Pharma-Camp bagi pelajar SMA-sederajat di Daerah Transmigran, Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah: Introduksi Farmasi, Inisiasi Kader GeMa CerMat sejak Remaja (Ketua. Andi Arjuna, M.Na.Sc.T., Apt)
  8. IbM Pengenalan Aspek DAGUSIBU Obat di SMPN 2 Duaboccoe (Ketua. Usmar, M.Si., Apt)
  9. Pengenalan Bioteknologi melalui Pelatihan Isolasi dan Ekstraksi DNA pada Guru dan Siswa SMA di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan (Ketua. Dr. Herlina Rante, M.Si., Apt)
  10. Pelatihan Pembuatan Olahan Fermentasi Sayuran dan Kacang-kacangan sebagai Diet Rendah FOODMAP bagi Ibu-ibu Majelis Taklim Kecamatan Marusu Kabupaten Maros (Dr. Mufidah, M.Si., Apt)
  11. Penerapan Intervensi Teknologi Farmasi Dalam Pengolahan Buah Tomat Menjadi Produk Yang Bermutu dan Bernilai Tinggi (Ketua. Sumarheni, M.Sc., Apt)
  12. Kampanye Penggunaan Obat Rasional Bagi Masyarakat Pulau Samalona Makassar (Ketua. Anshar Saud, M.Farm., Apt)
  13. Pendampingan Manajemen dan Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Pendidikan UNHAS (Ketua. Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt)

Skim ITM-W

  1. Pembuatan Bakso Berbasis Karaginan dari Rumput Laut sebagai Bahan Tambahan Pengganti Boraks di Kabupaten Bantaeng (Ketua. Muhammad Aswad, Ph.D., Apt)

Keseluruhan judul ini akan mengalami proses seleksi oleh para reviewer yang ditunjuk oleh LPPM Unhas. Hasil seleksi akan segera diumumkan dan akan mendapatkan dukungan dana untuk pelaksanaan kegiatan PPM sebagai yang diusulkan di dalam proposal.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.