Peresmian Apotek UNHAS 01 dirangkaikan Launching Buku Karya Dosen dan Alumni Farmasi UNHAS

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin menyelenggarakan puncak perayaan Dies Natalis ke-14 yang mengusung tema “Innovation and Collaboration for Humanity”.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan peluncuran buku dan peresmian Apotek Farmasi Unhas 01 berlangsung mulai pukul 07.30 Wita secara luring terbatas di pelataran Fakultas Farmasi, Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar, Minggu (14/11).

Ketua panitia Apt. Sumarheni, S.Si., M.Sc. dalam laporannya menyampaikan agenda kegiatan selama pelaksanaan Dies Natalis. Kegiatan meliputi pengabdian masyarakat di kota Parepare, lomba video kreatif tiktok dan YouTube challenge ‘daily life at Pharmacy’; workshop penulisan publikasi ilmiah; kuliah tamu dari Belfast University dan Harvard University, Webinar Top Scientist dan beberapa agenda lainnya termasuk Soft Launching Apotek Farmasi Unhas 01.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. apt. Subehan, S.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D. menyampaikan berbagai capaian prestasi Fakultas Farmasi di tahun 2021. Menurutnya, pada awal masa pandemi Covid-19, ada sedikit hambatan. Namun, hal itu tidak menjadi penghalang untuk terus berkontribusi dan berprestasi.

“Beberapa capaian prestasi itu antara lain Laboratorium Biofarmaka memperoleh Akreditasi ISO 17025, kualitas SDM dosen semakin lebih baik dengan selesainya beberapa doktor dari luar negeri hingga publikasi mengarah ke artikel orisinal. Tidak hanya itu, saat ini juga dilakukan proses pembangunan gedung laboratorium. Pada dasarnya, Farmasi Unhas terus mengoptimalkan berbagai capaian untuk mencapai target kinerja,” jelas Prof. Subehan.

Lebih lanjut, Prof. Subehan juga mengatakan optimisme dalam mengembangkan Apotek Farmasi Unhas 01 menjadi sarana pendidikan, sekaligus bagian dari unit bisnis. Apotek ini akan berkembang menjadi apotek kosong dua, apotek kosong tiga dan berikutnya. Kehadiran apotek tersebut diharapkan akan mendukung para lulusan apoteker yang berkualitas.

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, beliau berharap berbagai target kinerja Farmasi dapat terwujud dengan berbagai langkah strategis dan dukungan sumber daya manusia serta sarana prasarana yang dimiliki. Mengenai Apotek Farmasi Unhas 01 yang berlokasi di Dental Center FKG Unhas, tepat di depan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, dirinya mengatakan dapat berkembang menjadi apotek percontohan.

“Atas nama pimpinan Unhas kami mengucapkan terima kasih atas komitmen Fakultas Farmasi termasuk alumninya. Dalam buku inovasi Unhas, terdapat banyak produk dari Farmasi baik itu kosmetik, suplemen dan obat-obatan. Hari ini akan diresmikan apotek yang pertama. Saya berharap apotek ini dapat menjadi apotek percontohan. Bukan hanya sekedar menghasilkan profit, tetapi sebagai model memberikan pelayanan dan sistem yang baik,” ungkap Prof. Dwia.

Puncak Dies Natalis ke-14, juga diisi dengan peluncuran buku berjudul dari “Lontara Pabbura ke Pharmaceutical Care, Refleksi Akademisi dan Alumni Fakultas Farmasi Unhas dalam penanganan Covid-19”. Buku ini merupakan karya pertama hasil kerja sama antara akademisi dan alumni Farmasi Unhas.

Buku ini terbagi delapan bagian meliputi (1) Biofarmasetika-Farmakologi; (2) Farmakognosi-Fitokimia; (3) Kimia Farmasi-Analisis Farmasi-Laboratorium Kesehatan; (4) Farmasetika-Mikrobiologi Farmasi; (5) Farmasi Klinik dan Komunitas; (6) Farmasi Sosial dan Administratif; (7) Farmasi Pemerintahan; dan (8) Farmasi Militer.

Pada kesempatan ini juga, pihak pimpinan Fakultas Farmasi bersama dosen pada setiap laboratorium memberikan apresiasi dan penghargaan kepada dosen yang memasuki masa purnabakti yaitu Prof. Dr. apt. H. M. Natsir Djide, MS. dan apt. Dra. Rosany Tayeb, M.Si.

 

Artikel ini telah terbit pada laman Abata News. Simak selengkapnya:
https://abatanews.com/fakultas-farmasi-unhas-launching-buku-dan-apotek/

You May Also Like