FIKes Unsoed Kunjungi Unhas

Sebanyak 15 orang rombongan dari Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, melakukan kunjungan ke Universitas Hasanuddin. Rombongan dipimpin langsung oleh Dekan FIKes, Dr. Warsinah, M.Si., Apt. Sebagai tuan rumah adalah Fakultas Farmasi Unhas. Kunjungan dijadwalkan berlangsung selama sehari pada tanggal 18 November 2016 dan diramu dalam kegiatan berupa Workshop Penguatan Kelembagaan dan Kerjasama.

Acara dibuka pada pukul 09.00 Wita dan dimulai dengan laporan Ketua Panitia, Drs. Syaharuddin Kasim, M.Si., Apt. Dalam laporannya, ketua panitia yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas Farmasi Unhas (FF UH) ini menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan dari FIKes. Beliau juga memberikan apresiasi terhadap kerja panitia penyambutan rombongan FIKes.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. Sebagai tuan rumah kunjungan ini, profesor fitokimia ini menyampaikan rasa bangganya karena Fakultas Farmasi sudah dikunjungi yang ke-2 kalinya oleh FIKes Unsoed. “Fakultas Farmasi Unhas selalu membuka pintu untuk membantu dan bekerjasama dengan semua pihak baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.

Dr. Warsinah, M.Si., Apt. menjadi pemberi sambutan selanjutnya. Di awal sambutannya, beliau menyampaikan bahwa FIKes merupakan fakultas baru di Unsoed. Karena masih baru, tambahnya, maka FIKes memerlukan didikan dari para senior. “Seperti bayi, seolah baru menangis. Jadi, sekarang kita mesti mencari ibu yang mau menyusui. Salah satunya ke Unhas ini,” tukasnya. Di akhir kata sambutannya, Dr. Warsinah berharap agar kunjungan ini dapat saling menguatkan hubungan antar ke-2 institusi.

Di bagian akhir acara pembukaan, Prof. Dr. dr. Budu, Sp.M. dalam kapasitasnya sebagai Wakil Rektor IV Bidang Inovasi dan Kerjasama, menyampaikan sambutannya. Di awal sambutannya, beliau menyampaikan 2 alasan umum mengapa Unhas sering dijadikan objek studi banding dari berbagai institusi lain. Alasan pertama adalah Unhas memiliki Rumah Sakit Pendidikan Unhas yang sangat besar dan terkelola dengan baik. Alasan kedua adalah Unhas sudah menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Prof. Budu didapuk pula untuk membuka secara resmi acara Workshop Penguatan Kelembagaan dan Kerjasama ini. Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Rektor Unhas tidak bisa hadir karena harus menghadiri penandatanganan MoU antara Unhas dan PT. Kimia Farma Tbk.

Setelah sambutan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dari beberapa pemateri di antaranya, Dekan FF UH, Dekan FKM UH dan Ketua Jurusan Keperawatan Unhas. Program terakhir dari kunjungan ini adalah kunjungan ke beberapa jurusan di Unhas, di antaranya Gizi, FKM dan Keperawatan. Kegiatan ini diakhiri pada pukul 17.00 Wita.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.