ICoBio IPB, Dosen FF Unhas Raih Predikat Best Oral Presenter

Salah seorang dosen Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, Firzan Nainu, meraih predikat Best Oral Presenter pada konferensi bertajuk The 3rd International Conference on Biosciences (3rd ICoBio) yang dilangsungkan oleh Departemen Biologi, Institut Pertanian Bogor (IPB), pada 8 Agustus 2019. Raihan ini diperoleh atas presentasi yang dibawakannya dengan judul Protective signatures of roselle (Hibiscus sabdariffa L.) calyx against Staphylococcus aureus in Drosophila model of infection.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek dari tanaman Rosella yang bernama latin Hibiscus sabdariffa L. terhadap Staphylococcus aureus. Penelitian ini dilakukan secara in vivo dengan memanfaatkan model hewan lalat buah (Drosophila melanogaster). Lalat buah diinfeksikan bakteri Staphylococcus aureus lalu lalat buat yang telah terinfeksi ini di-treatment dengan tanaman Rosella.

ICoBio merupakan kegiatan dua tahunan yang dihelat oleh Departemen Biologi Institut Pertanian Bogor dimana pada tahun ini tema yang diangkat adalah Innovation in Bioscience towards Industrial Revolution 4.0. Ratusan peneliti hadir dalam ajang ini untuk mempresentasikan penelitian-penelitian termutakhir yang telah dilakukan.

Firzan Nainu merupakan dosen FF Unhas yang meraih gelar doktornya di Kanazawa University. Beliau merupakan pakar dalam pemanfaatan model hewan coba lalat buah (Drosophila melanogaster). Berbagai penelitian menarik telah dihasilkan oleh Kepala Laboratorium Farmakologi – Toksikologi ini.

You May Also Like