Kunjungi Barombong, Baksos NEOSTIGMINE 2016 Berlangsung Lancar

Bertempat di RW 06 Kaccia, Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) NEOSTIGMINE 2016 di hari ke-2 (20/5) berlangsung semarak. Letak lokasi yang jauh dari Fakultas Farmasi Unhas tidak menyurutkan semangat para panitia untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sesampainya di lokasi kegiatan, rombongan langsung disambut pemerintah dan warga setempat.

Baksos dilaksanakan pada pukul 10.00 Wita yang diawali sambutan dari Sukamto S. Mamada mewakili tim dosen yang terlibat dalam baksos ini. Beberapa dosen yang ikut dalam kunjungan baksos ini adalah Habibie, Ismail dan Muhammad Nur Amir. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan Penyuluhan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang dibawakan oleh Muh. Aswar yang merupakan Koordinator Asisten di Laboratorium Fitokimia. Setelah memberikan penyuluhan, beberapa panitia melanjutkan dengan praktik pemanfaatan bunga Rosela (Hibiscus sabdarrifa) sebagai bahan baku pembuatan teh. Teh Rosella merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan oleh salah satu dosen Fakultas Farmasi Unhas yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Sartini, M.Si., Apt.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran kadar glukosa darah, kolesterol total dan asam urat. Dalam pemeriksaan ini, para panitia dibantu oleh para apoteker yang telah bekerja di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kefarmasian lainnya yang juga merupakan alumni Fakultas Farmasi Unhas. Secara bersamaan, sebagian panitia juga melaksanakan kegiatan pemeriksaan golongan darah dan cara cuci tangan yang benar di Sekolah Dasar Negeri Timbuseng dan sosialisasi Gerakan Makassar Membaca. Keseluruhan rangkaian acara rampung dilaksanakan sekitar pukul 13.00 Wita. Acara ditutup dengan makan siang bersama warga setempat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, angkatan 2016 Fakultas Farmasi Unhas dengan nama angkatan NEOSTIGMINE melangsungkan baksos dengan tema Aktualisasi Peran Kader dalam Bingkai Pengabdian. Kegiatan yang berlangsung 2 hari ini dibagi ke dalam 2 program utama. Pada hari Jum’at, 19 Mei 2017, kegiatan baksos dipusatkan di Kampus Tamalanrea Universitas Hasanuddin. Di hari ke-2, Sabtu, 20 Mei 2017, baksos dilanjutkan di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *