Laboratorium Biofarmasi – Farmakologi & Toksikologi Adakan PKM di SMAN 1 Masamba

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Laboratorium Biofarmasi – Farmakologi & Toksikologi Fakultas Farmasi Unhas (FF UH) sukses menyelenggarakan kegiatannya di SMAN I Masamba. Diterima langsung oleh Kepala SMAN 1 Masamba, Kab. Luwu Utara, Drs. H. Syaifullah, MM., acara berlangsung lancar dan penuh suasana kekeluargaan.

Topik yang diangkat oleh tim PKM ini adalah Komunikasi, Informasi dan Edukasi Narkotika dan Psikotropika. Hal ini sejalan dengan sambutan yang diberikan Syaifullah. “Narkoba bukan hanya ancaman bagi diri, tetapi juga sudah menjadi ancaman bangsa,” tukasnya. Terkait hal tersebut, atas nama SMAN I Masamba, beliau mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kunjungan dari tim PKM ini.

Beliau menginformasikan, dalam sambutannya, bahwa total siswa SMAN I Masamba adalah 1262 orang yang dibagi ke dalam 32 kelas. Dari keseluruhan siswa tersebut, jumlah peserta UN 2017 sekitar 450 siswa. Pada tahun ini juga SMAN I Masamba akan mulai melaksanakan UN berbasis komputer.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. rer. nat. Marianti A. Manggau, Apt sebagai Ketua Tim PKM Laboratorium Biofarmasi – Farmakologi & Toksikologi FF UH menyampaikan bahwa tim PKM kali ini terdiri atas 7 orang dosen dan 9 orang asisten laboratorium. Selain melakukan penyuluhan tentang NAPZA, PKM kali ini juga memperkenalkan tentang FF UH dan Unhas melalui penayangan video profil. Hal ini dilakukan untuk membuka wawasan para siswa tentang dunia kefarmasian. “Banyak orang yang masih salah mempersepsi bahwa farmasi itu hanya berkutat dengan obat. Padahal, farmasi juga mengembangkan banyak produk lain, misalnya makanan kesehatan,” katanya.

Setelah sambutan dan penerimaan dari pihak SMAN I Masamba, tim PKM kemudian melakukan kegiatannya. Acara dimulai dengan penyuluhan tentang DAGUSIBU (Cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar) yang dibawakan oleh Habibie, S.Si., M.Pharm.Sc., Apt.  Beliau menyampaikan bahwa obat bukan barang biasa. Obat harus di-DAGUSIBU-kan dengan benar agar efek yang diinginkan tercapai. “Jangan sampai obat yang dimasukkan lewat dubur (suppositoria, red.) justru dimakan bersama bubur,” kata alumni Toyama University ini yang diikuti dengan ledak tawa dari para siswa.

Materi selanjutnya adalah Penyuluhan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif) yang disampaikan oleh Sukamto S. Mamada, S.Si., M.Sc., Apt. Dalam pembukaan penyuluhannya, beliau menampilkan beberapa kasus penyalahgunaan NAPZA yang berujung pada kematian. Kasus Freddy Budiman, Heath Ledger (pemeran Joker) dan Michael Jackson menjadi beberapa contoh yang diberikannya.

Alumni University of Toledo ini membawakan 3 NAPZA yang paling sering ditemukan di masyarakat akhir-akhir ini yaitu ekstasi, dekstrometorfan dan lem. Untuk memancing antusiasme dari para siswa, di sela-sela penyuluhannya, Sukamto memberikan aromaterapi buatan FF UH kepada para peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari beliau.

Setelah 2 penyuluhan rampung, kegiatan PKM dilanjutkan dengan pemberian doorprize, cenderamata, foto bersama dan penutupan. Acara ini diikuti oleh sekitar 170 siswa SMAN I Masamba dan bertempat di ruang aula. Kegiatan diakhiri pada pukul 12.00 Wita (chm).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =