Lokakarya Kurikulum Fakultas Farmasi 2012

Untuk menemukan formula dan strategi pengembangan kurikulum pendidikan tinggi ilmu farmasi dan Program profesi apoteker di lingkungan Universitas Hasanuddin, Fakultas Farmasi (FF) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyelenggarakan lokakarya untuk pengembangan kurikulum program studi S1 dan profesi apoteker. Lokakarya diikuti oleh para pimpinan fakultas, seluruh staf pengajar program studi S1 farmasi dan profesi apoteker beserta kepala bagian akademik FF Unhas. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 15-16 Desember 2012 dan digelar di Hotel Grand Town Makassar.

Pada tanggal 15 Desember 2012, acara lokakarya dimulai pada pukul 08.30 WITA dengan dipandu oleh Master of Ceremony (MC) Andi Dian Permana, S.Si., Apt. dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Prof. Dr. Elly Wahyudin DEA., Apt. Hari pertama lokakarya dimaksudkan sebagai waktu perumusan profil lulusan pendidikan dan identifikasi muatan materi per unit kompetensi ilmu farmasi dengan mengacu pada  learning outcomes (LO) yang telah dirumuskan oleh APTFI. Oleh karena itu, pada sesi pertama, panitia lokakarya mengundang perwakilan dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) sebagai narasumber untuk menyampaikan sosialisasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Narasumber pertama yaitu Prof. Dr. Elly Wahyudin DEA., Apt. selaku ketua APTFI membawakan makalah yang berjudul “Antisipasi Fleksibilitas Kurikulum (Dalam  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Narasumber yang kedua adalah Drs. Syaharuddin Kasim, M.Si., Apt. selaku anggota KPP APTFI membawakan materi dengan tema “Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi” dan “Learning Outcomes Perguruan Tinggi Farmasi”.  Acara sesi pertama yang dilengkapi dengan sesi tanya jawab ini berlangsung selama 3 jam dengan Sumarheni, S.Si., M.Sc., Apt selaku moderator.

Pada sesi ke-2 yakni pukul 14.00 hingga pukul 18.00 WITA, peserta lokakarya dibagi atas 4 komisi (daftar nama setiap komisi pada lampiran). Rumusan 16 butir LO dari APTFI dibagikan berdasarkan bidang ilmu anggota masing-masing komisi untuk didiskusikan secara mandiri. Hal ini dimaksudkan agar setiap komisi dapat merumuskan dan mendeskripsikan muatan materi (ilmu penunjang) yang harus diberikan untuk pencapaian kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan S1 dan profesi apoteker secara mendetail pada format yang telah disediakan oleh panitia. Dengan dipimpin oleh masing-masing ketua komisi, setiap komisi juga diharapkan dapat menyiapkan bahan bahasannya untuk dipresentasikan di hadapan anggota-anggota komisi lainnya sehingga elemen-elemen penyusun per unit kompetensi dapat dibahas lebih lanjut secara komprehensif.

Acara lokakarya dilanjutkan lagi dengan sesi ke-3 pada pukul 20.00 WITA dengan agenda berupa Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dipimpin langsung oleh Dekan FF Unhas Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt. Sebelum sesi diskusi, terlebih dahulu disajikan hasil audit internal tim ISO 9001:2008 yang dibawakan oleh Drs. Syaharuddin Kasim, M.Si., Apt. dan Nurhasni Hasan S.Si., M.Si., Apt. Meskipun dilaksanakan pada malam hari, acara yang berlangsung selama lebih dari 3 jam ini mendapat tanggapan antusias dari para peserta, yang teridentifikasi dengan banyaknya tanggapan dan usulan dalam upaya perbaikan dan peningkatan kinerja fakultas kedepannya.

Pada tanggal 16 Desember 2012, lokakarya hari ke-2 dimulai pada pukul 09.00 WITA dengan agenda presentasi bahan kajian muatan materi hasil bahasan setiap komisi. Dengan alokasi waktu kurang lebih selama 20 menit per komisi, presentasi diawali oleh ketua komisi 1 Drs. Usmar, S.Si., M.Si., Apt., dilanjutkan oleh ketua komisi 2 Prof. Dr. M. Nasir Djide, M.Si., Apt., ketua komisi 3 Yusnita Rifai, S.Si, M.Pharm.Sc, Ph.D, Apt. dan terakhir ketua komisi 4 Subehan, S.Si, M.Pharm.Sc, Ph.D, Apt. Diskusi panel yang dipandu oleh Sumarheni, S.Si., Apt. selaku moderator berlangsung kurang lebih selama 3 jam.  Hasil diskusi yang memuat usulan setiap peserta lokakarya ini akan ditindaklanjuti sebagai bahan bahasan tim perumus  FF Unhas yang beranggotakan para pimpinan fakultas yakni Dekan dan para Wakil Dekan, para ketua komisi yang namanya tercantum di atas, ditambah dengan ketua panitia dan sekertaris lokakarya kurikulum Drs. Syaharuddin Kasim, M.Si., Apt. dan Sumarheni, S.Si., M.Sc., Apt.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.