MONEV Lanjutan Hibah RISTOJA di Yogyakarta

Setelah menerima hibah penelitian Riset Tanaman Obat dan Jamu (RISTOJA) tahun ini, 5 dosen Fakultas Farmasi Unhas akan menghadiri review lanjutan atas penelitian yang telah berjalan. Review ini akan memonitor dan mengevaluasi sejauh mana jalannya penelitian RISTOJA yang telah berjalan sekitar 6 bulan sejak Mei 2016.

Ke-5 dosen tersebut adalah Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt., Dr. Herlina Rante, M.Si., Apt., Dra. Rosany Tayeb, M.Si., Apt., Abdul Rahim, M.Si., Apt. dan Aminullah, M.Pharm.Sc., Apt. Adapun judul penelitian yang akan di-MONEV adalah sebagai berikut:

  • Tinjauan Farmakologi In Vitro dan In Vivo Tanaman Obat dan Ramuan Antidiabetes Berbasis Kearifan Lokal Etnis Sulawesi Selatan. (Ketua tim: Prof. Dr. Elly Wahyudin, DEA., Apt)
  • Penelusuran Senyawa Anti Micobacterium tuberculosis dan TB-MDR pada Tanaman dalam Ramuan Obat Muntah Darah pada Etnis Masyarakat Sulawesi Selatan (Ketua tim: Dr. Herlina Rante, M.Si., Apt.)
  • Uji Aktivitas Beberapa Tanaman Obat yang Digunakan oleh Etnis di Sulawesi Selatan sebagai Antihiperglikemik (Ketua tim: Dra. Rosany Tayeb, M.Si., Apt)
  • Uji Efektivitas Ramuan Tradisional Batra dari Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, sebagai Profertilitas secara In Vitro (Ketua tim: Aminullah, M.Pharm.Sc., Apt.)
  • Skrining Aktivitas Antikanker Beberapa Tumbuhan Obat yang Digunakan dalam Ramuan Obat Antikanker Berbasis Kearifan Lokal Etnis di Sulawesi Selatan (Ketua tim: Abdul Rahim, M.Si., Apt)

Kegiatan MONEV ini akan dilangsungkan di Yogyakarta pada tanggal 14 – 18 November 2016. Para ketua tim diharapkan menyediakan data-data yang dibutuhkan untuk mendeskripsikan kemajuan penelitian yang dilakukan.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa sekitar 53 judul proposal penelitian dinyatakan lolos seleksi akhir untuk mendapatkan hibah penelitian RISTOJA. Dari keseluruhan proposal tersebut, 5 judul penelitian berasal dar Fakultas Farmasi Unhas.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.