Farmasi Unhas dan Pengurus IAI SulSel Turun Langsung bantu Warga Terdampak Asap Kebakaran TPA di Antang

Selama kurang lebih 15 jam kebakaran melanda tempat penampungan akhir (TPA) Antang di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar terbakar.

Kebakaran sendiri ini terjadi pada pukul 13.30 Wita, Minggu (15/9/2019) hingga pukul 04.55 Wita, Senin (16/9/2019) dini hari.

Kebakaran hebat ini menyisakan asap tebal yang kini mengitari permukiman. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar berhasil memadamkan api setelah menurunkan 15 armada mobil damkar. Sayangnya dampak dari asap akibat kebakaran ini dirasakan cukup buruk bagi kesehatan warga sekitar.

 

Menanggapi kejadian ini, Fakultas Farmasi dan Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Sulawesi Selatan turun langsung membantu warga sekitar dengan membagikan masker khususnya kepada pengendara kendaraan bermotor yang melintas di sekitar wilayah terdampak kebakaran. Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. selaku ketua PD IAI Sulsel berkoordinasi dengan Pengurus Cabang (PC) IAI Kota Makassar dengan tanggap menginisiasi serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan PD IAI Sulsel terus berkontribusi aktif kepada masyarakat. Ketua PD IAI Sulsel menuturkan bahwa kegiatan ini menunjukkan bentuk kepedulian profesi apoteker kepada masyarakat.

“Asap sampah yang timbul dapat mengganggu aktivitas warga. Kami turun langsung ke jalanan membagikan masker merupakan bentuk kepedulian teman sejawat apoteker kepada masyarakat” tuturnya. (*)

You May Also Like