Pengurus IKA Farmasi Unhas Periode 2020-2024 Resmi dilantik, Alumni: Kami Siap berkontribusi

Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Farmasi Unhas Periode 2020-2024 resmi dilantik oleh Pengurus Pusat IKA Unhas secara daring pada Sabtu, 16 Januari 2021, pekan lalu. Setelah acara pelantikan, Pengurus IKA Farmasi Unhas langsung menggelar rapat kerja pengurus untuk menetapkan program kerja selama periode kepengurusan.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Pengurus Pusat IKA Unhas Nomor: 028/IKA-UH/SKEP/VIII/2020 tentang Pengesahan Pengurus IKA Farmasi Universitas Hasanuddin Periode 2020-2024 tertanggal 18 Agustus 2020 oleh Sekretaris IKA Farmasi Unhas, apt Drs Hamka Hasan MKO, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus oleh Bapak Asmawi Syam SE MM, selaku Ketua Harian IKA Unhas. Para Pengurus IKA Farmasi Unhas menyampaikan ikrar pelantikan dengan tegas dan penuh semangat.

Menariknya, tidak hanya pengurus IKA Farmasi Unhas yang dilantik oleh Pengurus Pusat IKA Unhas, tetapi juga melantik pengurus wilayah yang menandakan bahwa alumni Farmasi Unhas telah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia yaitu Sumatera, Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku Ternate, Bali, Nusa Tenggara, Papua dan Papua Barat.

Alumni yang diberi amanah menjadi pengurus IKA Farmasi Unhas merupakan alumni yang sukses dan memegang peranan strategis di tempat kerjanya masing-masing, disamping itu tersebar di semua lapangan kerja alumni Farmasi sehingga menjadi motivasi bagi mahasiswa. Pengurus IKA Farmasi ini diantaranya ada yang bekerja di Pengawas Obat dan Makanan, Kementrian Kesehatan, Rumah Sakit, Industri Farmasi, Dinas Kesehatan, BUMN, TNI, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Distributor Farmasi, Pengusaha, Prodia/laboratorium kesehatan, akademisi, Puskesmas dan apotek.

Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof apt Subehan MPharmSc PhD, dalam sambutannya, sangat berbahagia dengan dilantiknya pengurus IKA Farmasi Unhas dan berharap alumni Farmasi nantinya dapat memberikan masukan-masukan pemikiran dalam menyiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul di Fakultas Farmasi.

“Peran alumni sangat penting dalam memberikan masukan-masukan terhadap Fakultas, utamanya informasi terkini di lapangan dan dunia kerja. Pertimbangan-pertimbangan ini dapat mempengaruhi kebijakan akademik dalam menyiapkan SDM yang unggul. Semoga pengurus IKA Farmasi ini dapat memberikan spirit perubahan yang bermanfaat buat Fakultas dan Unhas” ujar Prof. Subehan.

Ketua Umum IKA Farmasi Unhas, Dr apt H A M Yagkin Padjalangi MKes dalam sambutannya menyampaikan berbagai harapan mengenai betapa pentingnya keberadaan dan peran strategis alumni buat civitas akademika Fakultas, Unhas dan masyarakat. Diantaranya: (1) Alumni mampu memberikan masukan pemikiran-pemikiran yang membangun buat Fakultas dan Unhas; (2) Alumni menjadi mitra positif ditengah masyarakat dan meningkatkan citra kampus dan alumni; (3) Alumni menjadi relasi yang sangat penting dalam memperluas jaringan daln memberikan kontribusi yang maksimal.

“Disamping itu juga, Alumni menjadi pusat informasi dunia kerja dan usaha bagi alumni lulusan baru. Yang tak kalah pentingnya, ialah Alumni menjadi inspirasi bagi mahasiswa Farmasi” ujar mantan Ketua Senat Mahasiswa Unhas ini dengan penuh semangat.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg A Arsunan Arsin MKes, senada dalam sambutannya yang mengapresiasi pelantikan pengurus IKA Farmasi dan mengharapkan pengurus IKA Farmasi yang terbentuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan universitas serta program kerja nantinya dengan membangun sinergi dengan kampus.

“Keterlibatan alumni dalam pengembangan kaualitas perguruan tinggi sangat penting. Ke depan, beberapa program kerja universitas akan disinergikan secara maksimal dengan program kerja IKA Fakultas, misalnya tracer study dengan mengetahui alumni yang bekerja diberbagai instansi agar semakin membesarkan alumni. Program lainnya juga misalnya menggalang dana abadi dimaksimalkan untuk menunjang kebesaran almamater” ujar Prof. A. Arsunan.

Ketua Harian IKA Unhas, Bapak Asmawi Syam SE MM dalam sambutannya mengapresiasi alumni Farmasi Unhas yang memiliki prospek kerja dan pengabdian yang sangat luas, diantaranya disamping sebagai apoteker, dapat juga menjadi pengusaha, industriawan, profesional yang handal. Menurutnya, ditengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, maka profesi Farmasi sebagai salah satu profesi kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan masalah kesehatan, dan diperlukan untuk melakukan berbagai penelitian-penelitian tentang Covid-19.

‘’Di Amerika Serikat, profesi apoteker terrmasuk 5 besar pekerjaan terbahagia. Profesi apoteker merupakan salah satu pekerjaan yang terhormat di mata masyarakat. Hal ini menjadi tantangan sebagai alumni Unhas untuk bisa mewujudkannya di Indonesia. Alumni Sukses, maka sukseslah juga fakultas dan universitas.” ujar bapak Asmawi Syam.

Dalam pelantikan IKA Farmasi Unhas ini dihadiri oleh Sekretaris IKA Unhas, bapak Husain Abdullah, Ketua IKA Fakultas se-Unhas, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan se-Unhas, Ketua PD IAI Sulsel, Prof Dr apt Gemini Alam MSi, Pengurus IKA Farmasi Unhas dan Pengurus Wilayah IKA Farmasi Unhas; civitas akademika dan alumni Fakultas Farmasi Unhas.

Ketua panitia Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus IKA Farmasi Unhas, apt Aminullah SSi MPharmSc mengaku sangat bersyukur dan optimis dengan dilantiknya Pengurus IKA Farmasi.

“Alumni sangat bersemangat dengan pelantikan ini. Kedepannya, saya sangat yakin, pengurus IKA Farmasi ini akan membuat suasana kegiatan alumni semakin semarak dan berkesan. Alumni siap berkontribusi dan memberikan manfaat buat kemajuan Fakultas Farmasi dan Unhas.” ujar alumni angkatan 2001 ini.

 

Laporan:
Aminullah
Ketua Panitia/Alumni Farmasi Unhas Angkatan 2001

You May Also Like