Peningkatan Kualitas PKM, Fakultas Farmasi Hadirkan Reviewer PKM Nasional

Untuk meningkatkan minat mahasiswa sekaligus semakin memantapkan kualitas proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Fakultas Farmasi Unhas mengadakan mini workshop yang berjudul “Strategi Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang.” Ke-5 bidang tersebut adalah penelitian (PKM-P), Kewirusahaan (PKM-K), Penerapan Teknologi (PKM-T), Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dan Karsa Cipta (PKM-KC).

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini (Selasa, 4 Oktober 2016) menghadirkan pembicara Prof. Dr. rer. nat. Sundani Nurono Soewandhi, Apt. yang merupakan ahli kristalografi dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Beliau diundang dalam kapasitas beliau sebagai reviewer nasional PKM. Di Fakultas Farmasi Unhas, guru besar Sekolah Farmasi ITB ini menyampaikan presentasinya dalam 2 sesi yakni di hadapan mahasiswa (09.00 – 12.00 Wita) dan sesi di hadapan para dosen (14.00 – 17.30 Wita).

Dalam presentasinya, Prof. Sundani menyampaikan bahwa seharusnya mahasiswa yang memiliki potensi besar diberikan tantangan yang besar pula. Hal ini untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa. Beliau juga berpesan agar para dosen seharusnya memberikan teladan agar dapat menaikkan motivasi para mahasiswa dalam mengerjakan PKM. “Perilaku dosen akan diikuti mahasiswa. Budaya dosen juga akan diikuti oleh mahasiswanya,” tukas Prof. Sundani.

Dosen ITB lulusan Jerman ini menyatakan bahwa salah satu permasalahan dalam PKM adalah mencari inspirasi atas judul PKM. Terkait hal itu, Prof. Sundani mencontohkan strategi untuk mencari inspirasi PKM tersebut. “Untuk PKM-P, inspirasi dapat digali dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), jurnal, semesta dan masyarakat.”

Mini workshop ini diakhiri pada pukul 17.30 Wita. Acara ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pembicara yang diserahkan langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, Apt.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + ten =