Ph.D & Co: Let’s be the Part to Make Our Earth Healthy Again.

Bertempat di Pantai Losari, komunitas Ph.D & Co. menyelenggarakan kampanye “Think Global, Act Local: “One Day without Plastic” (28/4). Ph.D & Co. sendiri memiliki kepanjangan Pharmacy’s House of Debate and English Community. Komunitas ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa Fakultas Farmasi Unhas dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas berbahasa Inggrisnya.

Kampanye tersebut terangkum menjadi 4 kegiatan utama yaitu 1) pembersihan pantai sepanjang anjungan Pantai Losari 2) awareness spreading campaign (orasi terbuka tentang plastic waste) 3) “Rampok Plastik”, dan 4) pengumpulan tanda tangan. Kegiatan ini berlangsung sukses dengan arahan dari pembina komunitas Ph.D & Co, Achmad Himawan. Beliau adalah salah satu dosen muda Fakultas Farmasi Unhas yang secara intens memberi perhatian terhadap perkembangan skill mahasiswa.

Aksi “Rampok Plastik” yang dilakukan oleh komunitas Ph.D & Co.

Kampanye dimulai pukul 08.00 Wita. Peserta kegiatan yang berjumlah sekitar 30 orang langsung bergerak di sepanjang Pantai Losari untuk melakukan “Rampok Plastik”. Kegiatan ini bermaksud untuk meminta kesediaan pengunjung Pantai Losari yang sedang menggunakan kantong plastik dengan kantong tote (tote bag) yang disediakan oleh anggota komunitas. Melalui aksi ini, terkumpul banyak sampah kantong plastik yang nantinya akan dibuang di tempat yang semestinya. “Jadi jika ada orang jalan-jalan pakai kantong plastik, kami akan datangi. Kami akan tawarkan kantong plastiknya untuk ditukar dengan tote bag yang reusable. Kantong plastiknya kami kumpulkan untuk dibuang di tempat pembuangan,” jelas Himawan saat ditanyakan makna dari “Rampok Plastik”.

Salah seorang pengunjung sedang membubuhkan tanda tangannya di bentangan spanduk yang disediakan sebagai bentuk komitmen untuk tidak menggunakan kantong plastik

Bersamaan dengan aksi “Rampok Plastik”, para pengunjung diminta untuk menandatangani spanduk sepanjang 4 meter. Tanda tangan yang dibubuhkan menjadi penanda komitmen untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Terlihat pengunjung begitu antusias membubuhkan tanda tangan mereka di media yang telah disediakan tersebut.

Di bagian lain, beberapa anggota komunitas bergerak untuk mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar Pantai Losari. Sampah yang dikumpulkan tersebut dimasukkan ke dalam kantong sampah besar lalu diangkut oleh motor sampah yang memang selalu standby di sekitar tempat wisata kebanggaan warga Makassar ini.

Dalam orasinya, ketua komunitas Ph.D & Co., Andi Ainun Nuzulia, menghimbau agar para pengunjung dapat menjadi bagian untuk membuat bumi menjadi sehat. “Let’s be the part to make our earth healthy again,” ucap Ainun dalam bahasa Inggris yang fasih. Mahasiswa angkatan 2016 ini menekankan bahwa salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan berkomitmen untuk tidak menggunakan lagi kantong plastik.

Kampanye ini diakhiri pada pukul 10.30 Wita dengan melakukan foto bersama.

You May Also Like