Praktisi Asal Amerika menjadi tim dosen di Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Unhas

Mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Tahun Ajaran 2020/2021 pada hari ini (17/09/2020) mengikuti matakuliah pelayanan kefarmasiaan melalui kelas on-line. Tidak seperti biasanya, kali ini UNHAS menggandeng salah satu praktisi kesehatan asal Amerika, Gerry William Dobbs, Pharm.D.,RPH, yang juga merupakan staff Research and Development Advisor, RS Stella Maris sebagai dosen untuk mengajar pada Matakuliah ini. Kolaborasi kuliah ini dilakukan secara daring melalui zoom dengan materi “Pharmaceutical Care in America“.

Pharmaceutical Care (Asuhan kefarmasian) merupakan pelayanan yang diberikan oleh apoteker kepada pasien secar menyeluruh sebagai tanggung jawab dan komitmen dalam mencapai kesejahteraan pasien melalui terapi obat yang optimal, meliputi pelayanan apoteker secara langsung kepada pasien, memberikan konseling serta pelayanan informasi obat.

Gerry Willian Dobbs mengatakan, ada dua tugas utama seorang Apoteker dalam melakukan pelayanan kefarmasian yang dilakukan melalui asuhan kefarmasi yaitu kegiatan dispensing (penyiapan) obat dan kegiatan konseling. Gerry William Dobbs menambahakan bahwa tujuan utama dari kegiatan konseling adalah untuk memastikan pasien mengetahui cara menggunakan obat dengan tepat, memastikan tidak ada interaski obat, duplikasi, pertanyaan, kebigungan tentang obat, serta pemeriksaan terakhir untuk menghindari kesalahan.

William Dobbs delivered lecture to students of Pharmacist program at Universitas Hasanuddin.

 

Antusiasme mahasiswa yang sangat tinggi dalam perkuliahan ini dapat terlihat pula dari banyaknya pertanyaan yang muncul di akhir sesi perkuliahan yang diajukan oleh mahasiswa. Tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa prodi apoteker UNHAS untuk mengikuti perkuliahan ini sebab sistem kefarmasian di negara lain mungkin sedikit berbeda dengan yang diterapkan di Indonesia. Namun, dengan adanya dosen dari luar negeri, diharapkan dapat menambah khasanah dan pengalaman baru dalam perkuliahan di Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin khusunya pada Program Studi Profesi Apoteker.

You May Also Like