Program Studi Profesi Apoteker Terima 172 Mahasiswa Baru

Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) berlangsung di Aula Fakultas Farmasi Unhas pada Selasa, 22 Agustus 2017. Total mahasiswa baru PSPA yang mengikuti kegiatan ini tercatat 172 orang. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. Dalam sambutannya, beliau menekankan agar para mahasiswa baru ke depannya dapat menjadi apoteker yang berpraktik dengan penuh rasa tanggung jawab dan menunjukkan karakter terbaik sebagai seorang apoteker.

Acara PMB kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang aspek-aspek akademik yang mesti diketahui oleh maba PSPA. Pemaparan dibawakan oleh Wakil Dekan Bidang Pengembangan dan Akademik, Subehan, Ph.D., Apt. Dalam pemaparannya, salah satu hal yang ditekankan adalah interaksi antara mahasiswa dan penasehat akademik. “Jangan hanya menemui PA saat mengurus KRS,” tegas doktor jebolan University of Toyama ini.

Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya, Dr. Risfah Yulianty, M.Si., Apt., menjadi pembicara selanjutnya. Salah satu topik yang diangkat dalam pemaparannya, beliau menjelaskan tentang aspek finansial dari penyelenggaraan Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) yang nantinya harus diikuti oleh pada mahasiswa PSPA agar bisa mendapatkan Sertifikat Kompetensi Apoteker (SKA).

Dr. Sartini, M.Si., Apt. menjadi pemateri selanjutnya. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ini menitikberatkan penjelasannya pada aturan-aturan yang terangkum dalam Tata Tertib Kehidupan Kampus. Beliau memberikan beberapa contoh kasus pelanggaran yang pernah dilakukan oleh mahasiswa dan berujung pada sanksi. “Pengguaan narkoba menjadi salah satu pelanggaran yang dapat berujung pada sanksi berat,” tukasnya.

Di bagian akhir kegiatan PMB, Ketua Program Studi Profesi Apoteker, Dra. Ermina Pakki, M.Si., Apt., memberikan materinya. Dalam materinya, beliau memberikan gambaran keseluruhan tentang aktivitas perkuliahan di PSPA selama 1 tahun pendidikan. Beliau memaparkan bahwa pada semester pertama, para mahasiswa akan berkuliah dan pada semester ke-2 para mahasiswa akan menjalani praktik di industri, rumah sakit dan apotek.

Setelah materi dari ketua PSPA, acara PMB memasuki bagian akhir. Acara PMB ditutup pada pukul 11.30 Wita.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *