Rangkaikan ISBDD 2019, Farmasi UNHAS Laksanakan Tiga Workshop bagi Civitas Akademika dan Komunitas

Dalam rangka International Seminar on Biosciences and Drug Discoveries (ISBDD) 2019, Fakultas Farmasi melaksanakan tiga program Pre-conferences berupa workshop Fitokimia bagi peneliti di laboratorium Biofarmaka UNHAS, workshop Farmasi Klinik bagi praktisi farmasi di pelayanan kesehatan dan workshop penulisan artikel ilmiah bagi civitas akademika UNHAS.

Workshop Fitokimia ditujukan kepada peneliti khususnya yang terfokus di bidang pengolahan bahan alam sebagai sumber obat tradisional. Dalam kegiatan ini (Sabtu, 2 Nov 2019), fakultas Farmasi UNHAS mengundang pembicara Prof. Dr. Abdul Rohman, Apt. dari Universitas Gadjah Mada yang membawakan materi berupa aplikasi inframerah dalam menganalisis produk halal dalam obat tradisional. Selain itu, Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, juga berkesempatan langsung membawakan materi metode fitokimia pada kegiatan ini. Selain materi di kelas, juga dilakukan praktikum di laboratorium Biofarmaka UNHAS untuk mempraktikkan cara ekstraksi bahan alam bagi peneliti.

Di kesempatan lain (Rabu, 6 November 2019), Fakultas Farmasi Unhas melaksanakan kegiatan Workshop Farmasi Klinik yang dilaksanakan di Hotel Novotel Makassar. Kegiatan ini dihadiri oleh praktisi-praktisi dari berbagai sektor pelayanan kefarmasian di kota Makassar. Pada kegiatan ini, Fakultas Farmasi Unhas mengundang dua pembicara. Yang pertama dari Australia, Chris Alderman membawakan materi mengenai Drug Related Problems di pelayanan Farmasi di Rumah Sakit. Pembicara kedua, sekaligus fasilitator pada sesi praktik, Ibu Hubby,M.Farm.Klin., Apt. membawakan materi mengenai topik-topik seputar Drug Utilisation Problems in Geriatry.

Secara paralel dengan kegiatan Workshop Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi juga mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah yang difasilitasi oleh Prodi S3 Ilmu Farmasi. Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para peneliti yang tertarik untuk menghasilkan karya-karya publikasi ilmiah yang baik dan layak untuk masuk ke jurnal-jurnal dengan level yang tinggi. Untuk tujuan tersebut, diundang Assoc. Prof. Jalifah Latif dari Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai fasilitator.

Ketiga kegiatan ini berlangsung sukses dan diikuti secara antusias oleh peserta. Oleh sebab itu, pihak fakultas mengapresiasi serta mengharapkan agar kegiatan seperti ini terus berlanjut sehingga membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

You May Also Like