Re-Akreditasi Program Studi Magister Ilmu Farmasi

Untuk mempertahankan status akreditasi A yang telah diperoleh oleh program studi Magister Ilmu Farmasi sebelumnya, pada hari ini, Jum’at, 16 Desember 2016, dilaksanakan proses re-akreditasi program studi. Bertindak sebagai asesor adalah I Ketut Adnyana, Ph.D. (ITB) dan Mahardian Rahmadi, Ph.D. (UNAIR). Re-akreditasi dimulai pada hari ini dan diakhir besok.

Pada hari ini, pembukaan proses re-akreditasi dimulai pada pukul 08.30 Wita di Ruang Pertemuan Fakultas Farmasi Unhas. Acara langsung dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. Setelah pembukaan, para asesor langsung menuju ke Laboratorium Biofarmaka untuk meninjau kesiapan dan kesediaan sarana dan prasarana. Tinjauan berlangsung sampai pukul 10.00 Wita.

Pasca-peninjauan ke laboratorium, acara dilanjutkan dengan presentasi buku IIIA dan IIIB. Buku IIIA memuat 7 standar yang terkait langsung dengan Program Studi Magister Ilmu Farmasi. Buku IIIB berkaitan dengan deskripsi 7 standar dari Fakultas Farmasi sebagai Unit Pengelola Program Studi. Presentasi dilakukan oleh Wakil Dekan I FF UH, Subehan, Ph.D., Apt.

Usai presentasi borang, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Ke-2 asesor mengajukan pertanyaan atau memberi masukan atas temuan-temuan yang didapatkan. Pertanyaan atau masukan yang diberikan tersebut harus segera dikonfirmasi oleh pihak program studi. Salah satu hal yang ditanyakan oleh asesor adalah struktur kurikulum di 3 peminatan yang ada yaitu Herbal Medisin, Farmasi Klinik dan Farmasi Sains. Pertanyaan ini diajukan oleh Mahardian Rahmadi, Ph.D. Selain itu, pertanyaan menyangkut tugas dan fungsi Kelompok Kerja Dosen (KKD) juga ditanyakan oleh I Ketut Adnyana, Ph.D. Atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, semuanya dijelaskan dengan baik oleh pihak program studi.

Acara dihentikan sejenak untuk istirahat dan shalat Jum’at. Sampai berita ini diturunkan, proses visitasi masih sedang berlangsung dengan agenda wawancara beberapa stakeholder yaitu mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan. Agenda pada hari pertama ini dijadwalkan berakhir pada pukul 16.00 Wita yang kemudian akan dilanjutkan besok. Agenda untuk besok adalah penyampaian hasil dan temuan yang telah didapatkan pada hari ini.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + one =