Resmikan Science Techno Park di UNHAS, Menristek-BRIN jajal produk Fakultas Farmasi

Makassar, Universitas Hasanuddin melakukan Peresmian Science Techno Park (STP), Jumat (9/4/2021), di Gedung Center of Microfinance Kampus Tamalanrea Unhas, Makassar. Acara ini dihadiri oleh Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia Prof. Bambang Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D., Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. yang hadir secara virtual, Pelaksana Tugas Gubernur Provinsi Sulsel yang diwakili oleh sekretaris daerah Bapak Dr.Abdul Khair M.Si., walikota dan bupati se-Sulsel, majelis wali amanat, senat akademik, serta jajaran pimpinan Universitas Hasanuddin.

Pengantar disampaikan oleh Direktur Sains Techno Park oleh Prof. A.Wardi., EWM, beliau menyampaikan bahwa STP Unhas akan jadi wahana yang akan memfasilitasi inovasi dari masyarakat, dan harapan beliau STP unhas akan dapat berkaloborasi dengan industri dalam negeri maupun luar negeri.

Peresmian STP di UNHAS memang baru dilaksanakan, namun telah banyak produk produk inovasi perguruan tinggi yang sudah siap ditindak lanjuti oleh industri.  Pemilihan bidang fokus STP Unhas akan mempertimbangkan berbagai aspek nantinya seperti sumber daya yang ada, teknologi yang dimiliki, dan potensi sumber daya lokal.

Selanjutnya Prof Dwia selaku Rektor Univeritas Hasanuddin berharap dengan adanya STP dapat menjadi wadah untuk membina, melatih, dan menginspirasi mahasiswa untuk menjadi enterpreuner.

Acara peresmian Science Techno Park (STP) Univeritas Hasanuddin dibuka secara langsung oleh Menristek – BRIN, Prof Bambang. Acara ini dirangkaikan pula dengan pameran produk inovasi dari Universitas Hasanuddin. Beberapa fakultas termasuk fakultas farmasi juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tampak beberapa produk inovasi dari fakultas farmasi UNHAS dipamerkan dalam suatu stand. Di antara produk yang dipamerkan ini terdapat hand sanitizer produksi Centre of Excellence Farmasi UNHAS, Beberapa produk seperti kosmetik bahan alam, teh paliasa, dan sediaan lainnya yang dihasilkan oleh Fakultas Farmasi UNHAS juga turut dipajang untuk meramaikan kegiatan ini. Dalam kesempatan ini terlihat Bapak Menteri menjajal salah satu produk handsanitizer yang diproduksi oleh fakultas farmasi UNHAS. Beliau berharap bahwa masyarakat Sulawesi selatan juga semakin terdorong dengan hadirnya STP ini.

“Harapan saya bahwa STP UNHAS akan melahirkan startup, orang dari Provinsi Sulawesi Selatan punya kelebihan di bidang kewirausahaan, UNHAS harus menjadi pelopor agar enterpreuner yang berbasis digital. Saya memiliki harapan yang besar untuk STP unhas karena unhas termasuk PTN-BH, kemudian UNHAS berada dilokasi yang penduduknya punya wirausaha yang kuat”  ujarnya

 

You May Also Like