RX Silpakorn University Summer Course, Enam Mahasiswi FF Unhas Raih Pengalaman Berharga

Enam mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin diundang khusus oleh Silpakorn University, Thailand, untuk berpartisipasi dalam kegiatan RX Silpakorn University Summer Course. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 26 Mei 2019 – 4 Juni 2019. Keenam mahasiswi tersebut adalah Patricia Layadi (angkatan 2017), Kesya M. Toding (angkatan 2016), Sri Harpen Handayani (angkatan 2016), Tiyanda Hanti A. Kusuma (angkatan 2016), Ruqayya (angkatan 2016) dan Regina Rosalina Hidayat (angkatan 2016).

Untuk mendukung keikutsertaan para peserta summer course ini, pihak Universitas Silpakorn menyediakan beasiswa yang meng-cover biaya pendaftaran, konsumsi, dan biaya akomodasi selama peserta berada di Thailand. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya dan memperluas pengalaman para peserta baik dalam bidang kerja kefarmasian di Thailand sekaligus belajar budaya-budaya di Negeri Gajah Putih itu.

Enam mahasiswi Fakultas Farmasi Unhas yang mengikuti RX Silpakorn University Summer Course. Dari kiri ke kanan. Kesya Melithirza Toding, Ruqayyah, Tiyanda Hanti A. Kusuma, Sri Harpen Handayani, Patricia Layadi, dan Regina Rosalina Hidayat. (foto. Tiyanda Hanti).

Selama kegiatan, para peserta mengikuti beberapa agenda. Setelah tiba di Universitas Silpakorn, para peserta diterima langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Silpakorn, Dr. Tanasait Ngawhirunpat. Di hari pertama ini, setelah opening ceremony, agenda selanjutnya adalah Introduction of Summer Course and RxSU oleh Dr. Nattiya Kapol. Setelah itu, para peserta diajak melakukan campus tour dengan mengunjungi fasilitas perpustakaan dan pusat komputer universitas.

Pada tanggal 28 Mei 2019, peserta mendapatkan materi tentang Introduction of Health System in Thailand yang dibawakan oleh Dr. Sineenart Kritchanchai. Setelah itu, peserta diajak mengunjungi dua rumah sakit yaitu Sam Khwai Phueak Health Promoting Hospital dan Nakhon Pathom Hospital. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung aplikasi sistem kesehatan yang berlaku di Thailand sekaligus menyaksikan peran vital dari para apoteker di rumah sakit.

Masih di hari yang sama, setelah berkunjung ke rumah sakit, para peserta diajak pula melihat Silpakorn University Business Unit. Unit bisnis yang dikunjungi ada dua yaitu Silpakorn University Community Pharmacy dan Pharmaceutical Intelligence Unit.

Di hari selanjutnya, peserta diajak belajar tentang teknologi farmasi, khususnya di bidang nano-based delivery system. Selain itu, materi lain yang diberikan terkait dengan pharmacy informatics, Thai traditional medicine, dan farmasi rumah sakit.

Salah seorang mahasiswi, Patricia Layadi, sangat senang atas kesempatan yang diberikan ini. Mahasiswi angkatan 2017 ini berkisah tentang pengalamannya berkunjung ke rumah sakit-rumah sakit yang menjadi mitra pendidikan farmasi dari Silpakorn University.

Peserta lainnya, Tiyanda Hanti A. Kusuma, juga menyatakan kebahagiaannya atas keikutsertaannya dalam summer course ini. “The real travelling is travel to the other universities in the world,” ucapnya untuk mencerminkan perasaannya.

Congratulations!

 

You May Also Like