Sah..! Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Farmasi Unhas Raih Akreditasi Internasional ASIIN

Berita menggembirakan baru saja disampaikan oleh lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). Lembaga akreditasi internasional yang berpusat di Jerman ini menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Farmasi (PSSF) pada Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin telah memenuhi syarat-syarat untuk mencapai status terakreditasi oleh ASIIN.

Bersama dengan PSSF, 3 program studi lainnya juga telah memenuhi standar akreditasi yang dikeluarkan oleh ASIIN. Ketiga program studi tersebut adalah program studi S1 – Profesi Keperawatan, program studi S1 Budi Daya Perairan, serta program studi S1 Ilmu dan Teknologi Pangan.

Hasil ini dirilis oleh ASIIN setelah melakukan visitasi ke seluruh program studi tersebut pada tanggal 20 Februari – 21 Februari 2019. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, lima asesor dari lembaga akreditasi internasional ASIIN melakukan kunjungan ke Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Farmasi Unhas dalam rangka visitasi ASIIN. Kelima asesor tersebut adalah Prof. Dr. Gert Ficker, Prof. Dr. Steve Strupeit, Prof. Dr. Phillipp Eschenbeck, Dr. Frank Peter Ritter, dan Intan Dinny Nuralia.

Selain melakukan asesmen lapangan, para asesor juga memberi penilaian berdasarkan informasi-informasi yang tercantum dalam dokumen evaluasi diri (self-assessment report). Para asesor melakukan pengecekan terhadap informasi yang terdapat di SAR dengan kondisi riil di lapangan.

Akreditasi ASIIN memfokuskan penilaian utamanya pada proses pencapaian capaian pembelajaran program studi/program learning outcome (PLO). Penilaian terhadap PLO ini dinilai pula dari ketersediaan fasilitas pendukung, mata kuliah pendukung, format ujian, keterlibatan para stakeholders, dan lain-lain.

Dengan rilisnya hasil ini, program studi Sarjana Farmasi FF Unhas telah memenuhi standar pendidikan di Eropa. Hal ini akan memberikan keuntungan berlipat bagi seluruh sivitas akademika PSSF pada khususnya dan Universitas Hasanuddin pada umumnya.

Atas hasil ini, Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt., menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berjibaku selama proses penilaian akreditasi ASIIN ini. “Semoga semua yang terbaik untuk Farmasi Unhas. Terima kasih atas dukungan dan kerja sama Bapak dan Ibu semua selama persiapan dan visitasi ASIIN. Tim taskforce yang luar biasa kompaknya, bersatu padu untuk institusi yang lebih baik,” ucapnya.

Tidak lupa pula beliau menyampaikan apresiasi terhadap peran para stakeholder yang telah hadir saat visitasi dilangsungkan. “Dukungan stakeholder yang sempat hadir sangat membantu meyakinkan para asesor,” tutupnya.

You May Also Like