Teliti Drosophila melanogaster, Dosen Fakultas Farmasi Unhas Rajut Kerjasama Luar Negeri

Drosophila melanogaster merupakan salah satu jenis lalat buah yang telah menjadi model hewan coba untuk banyak jenis penelitian. Bentuknya yang kecil, sehingga tidak perlu tempat pemeliharaan yang besar, ditambah lagi dengan penanganannya yang relatif mudah, menjadikan serangga yang satu ini telah menarik perhatian banyak peneliti untuk menggunakannya. Hal ini semakin ditopang oleh fakta bahwa tidak sedikit aspek genetik dari Drosophila melanogaster yang menunjukkan kesamaan dengan yang terdapat pada manusia.

Firzan Nainu, Ph.D., Apt. telah mengembangkan hewan ini sebagai model hewan coba di Fakultas Farmasi Unhas. Pengalaman beliau selama menuntut ilmu selama 3 tahun di Kanazawa University, Jepang, membuatnya terus terpacu untuk berinovasi dalam memanfaatkan serangga ini. Inovasi yang dikembangkan dalam penggunaan Drosophila melanogaster tidak hanya melibatkan jaringan lokal maupun nasional, tetapi juga telah disokong oleh institusi-institusi luar negeri.

Yang termutakhir, dosen Fakultas Farmasi Unhas ini berhasil mendapatkan grant untuk menjadi visiting researcher di University of Manchester (UoM), Inggris. Grant tersebut diperoleh atas kolaborasi Universitas Hasanuddin dan pihak University of Manchester. Selama di UoM, ayah dua anak ini akan berkolaborasi dengan Prof. Andreas Prokop yang merupakan profesor di bidang Neurobiology Selular dan Perkembangan (Cellular & Development Neurobiology). Dalam akun twitternya di @Poppi62, Prokop menuliskan twitnya “We kindly got funding from @Hasanuddin_Univ & @FBMH_UoM for collaboration with @Firzan_Nainu to promote research in Indonesia!”

Sebelumnya, Pak Firzan juga telah mendapatkan kesempatan untuk menjadi visiting researcher di Harvard University, Amerika Serikat, yang merupakan universitas yang sangat prestisius secara global. Kesempatan ini didapatkan untuk terus meneliti lebih dalam tentang Drosophila melanogaster. Berbeda dengan kolaborasi di UoM yang akan direalisasikan tahun ini, untuk Harvard University, jika lancar, beliau akan berangkat tahun depan.

Selamat, Pak!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + sixteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.