Teliti Senyawa Baru dari Tanaman Paliasa, Dosen FF Unhas Raih Gelar Doktor dari Universitas Kanazawa

Abdul Rahim, salah seorang dosen Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, berhasil menggondol gelar Ph.D (Doctor of Philosophy) dari Kanazawa University dengan gemilang. Gelar ini diraih setelah mempertahankan disertasi yang ditulisnya pada Senin, 22 Juli 2019, pada ujian defence-nya.

Disertasi yang ditulisnya terkait dengan penemuan senyawa baru dari tanaman Kleinhovia hospita dan Melochia umbellata. Walaupun ada perbedaan, kedua tanaman ini dikenal luas dengan nama “paliasa” oleh masyarakat Sulawesi Selatan.

Khusus Kleinhovia hospita, Abdul Rahim mengidentifikasi 11 senyawa. Tujuh di antaranya adalah senyawa baru dari golongan cycloartane triterpenoid. Hampir semua senyawa baru tersebut menunjukkan aktivitas yang sedang – kuat pada uji antiproliferatif yang menggunakan 5 cell lines yang termasuk multi drug resistant cell line (KB-VIN). Abdul Rahim juga menjelaskan bahwa bahwa dua senyawa baru dari Kleinhovia hospita menunjukkan aktivitas antivirus yang kuat.

Untuk tanaman Melochia umbellata, ayah tiga orang anak ini melakukan pengisolasian terhadap 24 senyawa. Semua senyawa tersebut belum pernah dilaporkan telah diisolasi dari Melochia umbellata. Dari total senyawa tersebut, tujuh senyawa diklaim sebagai “the first skeleton as secondary metabolite”.

Paliasa merupakan tanaman yang dikenal luas oleh masyarakat Sulawesi Selatan. Terkait hal tersebut, Abdul Rahim menyatakan bahwa tanaman yang berasal dari area Sulawesi memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan tanaman-tanaman yang berasal dari daerah lain. “Banyak (tanaman, red.) yang endemik dan unik karena lokasinya berada di wilayah transisi antara Asia dan Australia, Sunda dan Sahul flora, sehingga dari tanaman yang tumbuh di Sulawesi sangat besar kemungkinan untuk mendapatkan senyawa-senyawa baru yang unik atau senyawa dengan bioaktivitas baru,” jelasnya.

Selama kurang lebih 3 tahun pendidikan doktoralnya, Abdul Rahim dibimbing langsung oleh Nakagawa-Goto Kyoko. Goto Sensei memiliki keahlian di bidang Drug Development Chemistry.

Di FF Unhas, Abdul Rahim bergabung di Laboratorium Fitokimia sejak tahun 2008. Pencapaian ini akan semakin memperkuat komposisi personil di Laboratorium Fitokimia pada khususnya dan Universitas Hasanuddin pada umumnya. Atas hasil ini, ucapan selamat mengalir dari para sivitas akademika FF Unhas.

Selamat, Pak..!

You May Also Like