Tryout UKAI CBT di Fakultas Farmasi UNHAS ujicoba aplikasi baru bernama “Sibiti”

Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi UNHAS menyelenggarakan Tryout Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) metode Computer-Based Test (CBT) secara internal pada 09 dan 12 September 2021 secara daring. Pada kesempatan ini, fakultas farmasi untuk pertama kalinya melakukan uji coba aplikasi baru yang dikembangkan untuk penggunaan simulasi UKAI CBT di lingkup fakultas farmasi UNHAS. Aplikasi ini dinamakan “SIBITI” dan dikelola secara mandiri oleh tim CBT centre FFUH.

Kegiatan Try Out UKAI ini, ditujukan sebagai tolok ukur tentang pengetahuan akan ilmu farmasi dan untuk mempersiapkan para calon apoteker menghadapi uji kompetensi berbasis komputer yang harus dilalui sebelum memasuki dunia kerja. Kegiatan ini berlangsung lancar selama dua hari (Kamis – 09 September dan Sabtu – 12 September 2021) yang diikuti oleh kurang lebih 250 peserta. Kegiatan turut dihadiri oleh Koordinator CBT Center FFUH, Ibu Dra. Ermina Pakki, M.Si., Apt. serta mahasiswa program profesi apoteker UNHAS baik yang tengah menjalani studi maupun yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti UKAI CBT yang nanti akan diselenggarakan oleh IAI. Pada simulasi ini juga terlibat dosen serta tenaga kendidikan fakultas Farmasi UNHAS selaku panitia penyelenggara.

“Harapan kami tentu saja agar aplikasi CBT ini dapat terus digunakan dan dikembangkan lebih lanjut agar mahasiswa bisa mendapat gambaran bagaimana uji kompetensi tertulis berbasis komputer itu dilaksanakan sehingga nantinya mahasiswa bisa lebih siap mengikuti UKAI CBT nasional.” tutur panitia.

Selain itu, mahasiswa sebagai peserta yang menggunakan aplikasi ini pertama kalinya juga memberikan banyak masukan yang membangun.

“Aplikasinya sudah bagus, tampilannya juga cukup menarik namun perlu ditunjang dengan jaringan internet yang stabil” ujar salah satu peserta dalam tanggapan tertulis yang diberikan.

You May Also Like