Capaian Pembelajaran
[:id]
KEMAMPUAN BIDANG KERJA
- Mampu bertanggung jawab penuh dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktik profesi apoteker dalam perancangan, pembuatan/penyiapan, pendistribusian, pengelolaan dan/atau pelayanan sediaan farmasi untuk mengoptimalkan keberhasilan terapi menggunakan pendekatan berbasis bukti.
- Mampu melakukan riset, menelusur, menganalisis secara kritis dan mengorganisasikan informasi tentang sediaan farmasi, mengkomunikasikan, mengedukasi dan mendiseminasikannya secara efektif untuk menjamin ketepatgunaan sediaan farmasi pada individu, profesi kesehatan lainnya dan masyarakat.
- Mampu melakukan praktik profesi apoteker secara profesional dan bertanggung jawab sesuai ketentuan perundang-undangan, kode etik dan disiplin apoteker
PENGUASAAN PENGETAHUAN/ KEILMUAN
- Mampu mengimplementasikan ilmu kefarmasian, metode dan teknologi farmasi, konsep farmakoterapi, pharmaceutical care, pharmacy practice, serta prinsip farmakoepidemiologi, pengobatan berbasis bukti, pharmacovigilance dan farmakoekonomi, untuk menjaga mutu sediaan farmasi dan melindungi serta menjamin keamanan pasien.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan manajemen farmasi, farmasi sosial, hukum dan etik farmasi, teknik komunikasi, serta kelemahan kerja secara komprehensif.
KEMAMPUAN MANAJERIAL
- Mampu mengambil keputusan dalam hal-hal strategis di bidang kefarmasian pada pekerjaan profesionalnya secara mandiri, memimpin dan mengelola pekerjaan kelompok, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
- Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain untuk menyelesaikan masalah terkait pekerjaan kefarmasian, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya.
- Mampu mengevaluasi secara kritis masalah praktik profesi apoteker, memberikan konseling, menyusun informasi/ide/pemikiran dan mengkomunikasikannya dalam berbagai bentuk media kepada profesi kesehatan lain dan/atau masyarakat umum secara efektif.
- Mampu mengevaluasi diri dan mengelola pembelajaran diri sendiri dalam upaya dalam upaya meningkatkan kemampuan praktik profesi apoteker.
[:en]WORK ABILITY ASPECTS
- Able to take full responsibility in identifying and resolving problems in professional practice of pharmacists in the fields of design, manufacture/preparation, distribution, management and/or service of pharmaceutical preparations to optimize the success of therapy by using an evidence-based approach
- Able to conduct research, investigate, analyze critically and organize information about pharmaceutical dosage forms, communicate, educate and disseminate them effectively to ensure the appropriate use of pharmaceutical dosage forms for individuals, other health professions and the community.
- Able to do pharmacist professional practice and have responsibility in accordance with statutory provisions, ethical codes and discipline of pharmacists
COGNITIVE ASPECTS
- Able to implement pharmaceutical science, pharmaceutical methods and technologies, concepts of pharmacotherapy, pharmaceutical care, pharmacy practice, as well as the principles of pharmacoepidemiology, evidence-based medicine, pharmacovigilance and pharmacoeconomics, to maintain the quality of pharmaceutical dosage forms and to protect as well as to ensure patient safety.
- Able to apply knowledge of pharmaceutical management, social pharmacy, law and ethical pharmacy, communication techniques, and work weaknesses comprehensively.
MANAGEMENT ASPECTS
- Able to make decisions in strategic matters in the field of pharmacy on the professional work independently, lead and manage group work, and is responsible for achieving the targets of group work.
- Able to communicate and collaborate with other health personnel to solve problems related to pharmaceutical practice, develop and maintain a network of work with the professional community and clients
- Able to evaluate critically the problems in pharmacist professional practice, provide counseling, compile information/ideas/thoughts and communicate it in various forms of media to other health professionals and/or the general public effectively.
- Able to evaluate themselves and manage self-learning as an effort to improve the ability of pharmacists.
[:]